10 Gubernur Terkaya di Indonesia

Setiap negara terdiri dari provinsi-provinsi yang dipimpin oleh seorang gubernur. Dari banyaknya provinsi di Indonesia, pasti anda penasaran siapa gubernur yang paling kaya di Indonesia. Setiap gubernur rata-rata memang bukan orang kaya baru, mereka sudah banyak yang menjabat sebagai pegawai daerah sejak lama. Tetapi ada juga yang memang mempunyai bisnis dari berbagai sektor. Anda juga pasti tahu berapa gaji dari seorang gubernur. Yakinlah itu memang tidak sedikit untuk masalah sebuah gaji pejabat, walaupun masih sekedar pejabat daerah. Inilah daftar 10 gubernur terkaya di Indonesia.

1. Rudolf Mazvoka Pardede

rudolf-m-pardedeRudolf Mazvoka Pardede merupakan gubernur dari Sumatera Utara. Dia juga pernah menjabat sebagai ketua DPD Partai PDI Perjuangan Sumatera Utara. Kekayaan gubernur Sumatera Utara ini tercatat pada tahun 2001 sebesar Rp 298.740.200.000,-. kekayaan tersebut berasal dari beberapa bisnis yang dia jalankan dan juga harta tak bergerak yang dia miliki. Selama masa jabatannya sebagai gubernur Sumatera Utara, Rudolf sempat terseret kasus mengenai asal usul ijazahnya. Ijazah yang digunakan dianggap palsu, sampai saat ini masalah ini belum diselesaikan oleh pihak kepolisian. Awalnya dia menjabat sebagai wakil gubernur, kemudian menggantikan Rizal Nurdin yang tewas dalam sebuah kecelakaan pesawat terbang. Rudolf terdaftar sebagai gubernur paling kaya di Indonesia.

2. Fadel Muhammad

fadelGubernur paling kaya di Indonesia selanjutnya adalah Fadel Muhammad. Fadel Muhammad merupakan gubernur dari provinsi Gorontalo. Dia pernah menjabat sebagai menteri kelautan dan perikanan pada kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Kekayaan yang dimiliki oleh Fadel Muhammad sebesar Rp 149.752.933.488,- yang tercatat pada tahun 2002. Banyak sekali bisnis yang dilakukan oleh Fadel Muhammad salah satunya adalah dengan mendirikan PT Bukaka Teknik Utama. Selain itu juga terdapat bisnis-bisnis kecil lainnya. Pada tahun 2001 dia pernah terjerat dalam kasus korupsi penyalahgunaan dana APBD sebesar Rp 5,4 miliar. Jumlah kekayaan Fadel Muhammad pada tahun 2009 sebesar Rp 119,8 miliar dan 235.652 Us dollar dengan tambahan surat berharga sebesar Rp 76 miliar. Dia juga mempunyai hutang sebesar 1,64 miliar.

3. Zulkifli

zulkifliUrutan ketiga diduduki oleh gubernur dari provinsi Jambi dengan jumlah total kekayaan sebesar Rp 58,888,946,621,- yang tercatat pada tahun 2004. Jumlah kekayaan tersebut berasal dari tanah yang dia miliki di beberapa daerah di Indonesia yang terdiri dari bangunan dan juga kebun. Dia masuk ke dalam daftar gubernur paling kaya di Indonesia sejak tahun 2004. Melihat harta yang dia miliki sangat banyak, sebagian tanah yang dia miliki berasal dari warisan keluarga. Dia pernah menjabat gubernur Jambi pada tahun 1999-2004 kemudian mencalonkan diri lagi untuk periode 2005-2010.

BACA JUGA:  Profil Alexander Tedja – Raja Properti Kota Terbesar Kedua Indonesia

4. Fauzi Bowo

fauzi-bowoFauzi Bowo atau lebih dikenal dengan Foke menduduki peringkat keempat sebagai gubernur paling kaya di Indonesia. Fauzi Bowo merupakan gubernur DKI Jakarta sebelum digantikan oleh joko widodo pada pemilihan gubernur DKi Jakarta yang telah lalu. Kekayaan dari mantan gubernur DKI Jakarta ini sebesar Rp. 33,801,168,988 yang tercatat pada tahun 2006. Kekayaan Fauzi Bowo semakin meningkat setelah dia menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Oleh karena itu banyak orang yang curiga darimana kekayaan yang didapatkan oleh Fauzi Bowo tersebut. Pada tahun 2012 kekayaan Fauzi Bowo meningkat sebanyak Rp 60 miliar hanya selama beberapa tahun saja.

5. Anwar Adnan Saleh

anwar-adnan-salehAnwar Adnan Saleh merupakan gubernur dari provinsi Sulawesi barat. Sebelum menjabat sebagai gubernur, Anwar Adnan Saleh menjabat sebagai politisi dari partai golkar. Selain itu dia juga pernah menjabat sebagai anggota DPR MPR periode 1999-2004. Dia menjabat sebagai gubernur Sulawesi Barat pada tahun 2006. Kekayaan dari Anwar Adnan Saleh terhitung pada tahun 2002 sebesar Rp. 30,287,981,975,-. Dia juga pernah tercatat sebagai salah satu gubernur yang berhasil memajukan perekonomian daerah Sulawesi Barat. Dari jumlah kekayaan yang dia miliki, dia menduduki peringkat kelima gubernur paling kaya di Indonesia.

6. Sri Sultan Hamengkubuwono X

sultanPeringkat keenam gubernur paling kaya di Indonesia diduduki oleh gubernur dan juga raja dari Yogyakarta yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X. Pada tahun 2013, sri sultan masuk ke dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia menurut majalah Globe Asia. Beliau masuk ke peringkat 121 dengan total kekayaan sebesar USD 225 juta. Kekayaan yang dimiliki juga lebih banyak dibandingkan pejabat pemerintah lainnya. Walaupun sekarang menjabat sebagai gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, beliau tetap menjujung tinggi semua norma yang berlaku di kerajaan Yogyakarta.

7. Ratu Atut Chosiyah

atutSiapa yang tidak kenal dengan mantan gubernur Banten ini. Dia masuk ke dalam daftar gubernur paling kaya di Indonesia, yang kita sudah tahu kekayaan yang dia miliki juga banyak berasal dari hasil keringat rakyat. Sekarang dia sedang berada di jeruji besi karena terseret kasus korupsi. Harta Ratu Atut terhitung sebesar Rp 42 miliar. Semua aset tersebut tersebar di berbagai daerah seperti Cirebon, Banten, Jakarta dan Pandeglang. Belum ditambah dengan harta bergerak, emas, logam mulia dan masih banyak lainnya. Ratu Atut terjerat kasus suap pengurusan sengketa pemilihan bupati Lebak, Banten.

BACA JUGA:  Hashim Djojohadikusumo - Berhasil Bertahan dari Badai Krisis di Indonesia

8. Agusrin Nadzamudin

agusrinAgusrin Nadzamudin merupakan gubernur yang berasal dari provinsi Bengkulu. Jumlah kekayaan dari Agusrin Nadzamudin ini sebesar Rp 12,350,448,400,- yang tercatat pada tahun 2005. Kekayaan tersebut berasal dari harta tak bergerak seperti tanah, hasil perkebunan, pertanian dan masih banyak lainnya. Ditambah dengan harta bergerak, giro, kas, logam mulia dan masih banyak lainnya. Dengan jumlah kekayaan yang dimiliki dia menduduki peringkat kedelapan sebagai gubernur paling kaya di Indonesia.

9. Agustin Teras Narang

teras-narangYang menduduki peringkat kesembilan gubernur paling kaya di Indonesia adalah Agustin Teras Narang. Agustin Teras Narang merupakan gubernur dari provinsi Kalimantan Tengah. Kekayaan dari Agustin Teras Narang ini sebesar Rp 9,427,930,752,- yang tercatat pada tahun 2004. Kekayaan yang dia peroleh berasal dari usaha yang dia geluti. Dia memang seorang pengusaha yang sangat handal. Seorang ekportir yang sukses di Indonesia. Selain itu dia juga memiliki sejumlah hotel di daerah Kalimantan. Dia menjadi salah satu gubernur yang berpengaruh di Indonesia. Hal ini dikarenakan banyak kebijakan yang dia keluarkan yang pro rakyat.

10. Imam Utomo S

imam-utomoPeringkat terakhir gubernur paling kaya di Indonesia adalah Imam Utomo S yang merupakan gubernur yang berasal dari Jawa Timur. Kekayaan dari Imam Utomo S sebesar Rp 6,616,092,638,- yang tercatat pada tahun 2001. Dia menjabat sebagai gubernur Jawa Timur pada periode 1998-2003 dan juga pada tahun 2003-2008. Pada masa kepemimpinannya, Jawa Timur menjadi lebih tenang dan aman. Itulah daftar 10 gubernur terkaya di Indonesia. Itu masih data dari beberapa tahun yang lalu. Untuk data terbaru masih belum banyak yang keluar. Semoga kekayaan yang dimiliki oleh para gubernur memang benar-benar berasal dari kekayaan aslinya. Bukan berasal dari hasil menyita uang rakyat. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat untuk anda.

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose