10 Ide Bisnis Potensial yang Bisa Kamu Kembangkan dari Minat dan Bakatmu

Bisnis dapat dilakukan banyak orang, dari berbagai kalangan hingga berbagai usia. Bagi kalian yang memiliki jiwa bisnis, pasti punya banyak inspirasi dan 1001 mimpi, kan? Bisnis juga memiliki banyak bidang. Bagi kalian yang masih muda tentunya, memulai bisnis merupakan suatu tantangan dan hal yang menyenangkan. Pastinya sesuai passion kalian, ya.

Zaman yang serba mudah ini, kalian yang ingin memulai bisnis dapat dipasarkan dengan mudah. Berkat banyaknya sarana dan prasarana yang mudah ditemukan, terutama media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tumblr, ataupun Pinterest. Modal yang digunakan dalam berbisnis pun bervariasi.

Berbagai macam bisnis yang bisa dirintis sangatlah banyak, dengan melihat peluang dari hal nge-trend yang diminati konsumen. Bagi kalian yang tidak ingin terikat dengan pekerjaan yang itu–itu saja, atau kata orang yang memiliki passion sendiri. Beberapa peluang bisnis berikut ini sangat bisa menjadi inspirasi kalian untuk memulai usaha!

 

1. Sablon Kaos

Kalian yang menyukai bidang apparel, terutama kaos, bisnis ini bisa menjadi inspirasi. Berbekal alat sablon manual atau otomatis serta desain kreatif hasil karya kalian sendiri. Desainmu yang bernilai seni tersebut dapat terinspirasi dari alam, musik, atau bahkan film.

Kalian juga bisa menerima jasa sablon dari teman–teman. Dengan ini, teman-teman kalian akan memberikan testimonial tentang produkmu. Pemasarannya juga mudah, yaitu lewat media sosial, mengikuti event–event lokal yang berkaitan dengan clothing juga membantu bisnis asikmu. Wanna try?

T-shirt via tshirttokoh.com

2. Reseller Sepatu

Menjadi reseller sepatu tentunya membutuhkan modal untuk membeli stock yang ingin kalian jual. Banyak, lhosaat ini yang gemar membeli sepatu, baik sebagai koleksi atau keperluan sehari–hari. Dengan peluang ini, kalian yang menyukai produk-produk sepatu sneakers atau casual bisa mulai mencoba bisnis ini.

Tapi ingat, sepatu yang kalian jual jangan sampai ketinggalan zaman , ya. Ada banyak merek sepatu yang digemari anak muda sekarang, seperti Vans, Adidas, DC Shoes, Nike, Macbeth, Caterpillar, Lakai, Puma, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk selalu menawarkan produk yang, ya.

Selain karena mendukung produk yang kalian suka, konsumen juga akan senang memakai produk yang asli. Tidak hanya produk luar, produk lokal pun bisa kalian jual karena banyak juga footwear karya anak bangsa yang kualitasnya sudah terbukti bagus.

Sepatu via solecollector.com

 

3. Katering Kue

Salah satu jenis kuliner ini memang menjadi favorit sebagai cemilan. Tapi ternyata, kue bisa juga menjadi bisnis sambilan, lho. Kalian yang suka dengan kuliner pasti tahu dengan resep kue buatan sendiri atau dari resep lain. Berawal dari mencoba di rumah kemudian dijadikan bisnis. Seru sekali, bukan?

Selain dengan pemasaran melalui teman–teman terdekat, kalian juga bisa gencar mengikuti event kuliner di kota kalian dengan memeperkenalkan resep khas yang kalian miliki. Kalian juga bisa menerima pesanan untuk acara pernikahan, pameran, acara pesta, bahkan pengajian. Dengan ini, perlahan bisnis kue kalian akan sangat menguntungkan.

Kue via blogoinformasi.com

BACA JUGA:  6 Tips Mengelola Uang ala Orang Terkaya ke-3 Dunia

 

4. Tour & Travel

Yup, bisnis ini cocok bagi kalian yang suka dengan traveling dan sudah mengelilingi beberapa daerah di Indonesia atau bahkan dunia. Bisnis tour & travel  dapat kalian mulai dengan membuat paket wisata dengan daerah–daerah tujuan wisata. Pemasaran tentunya bisa kalian lakukan via online ataupun offline. Dengan paket yang menarik dan pemasaran yang oke punya, kalian bisa membuat wisatawan yang ingin jalan–jalan puas. Asyik, kan?

Bagi kalian yang masih mahasiswa atau menunggu hasil wawancara kerja, kalian bisa memulainya dengan bisnis berjualan tiket pesawat maupun kereta api. Dengan menjadi agen maskapai atau subagen dari travel, kalian bisa menjalankan bisnis ini. Untuk paket wisata, kalian bisa menjadi freelance marketing salah satu tour & travel. Dengan ini kalian tidak hanya jalan–jalan dan mendapat pengalaman, tapi kalian juga bisa mendapat keuntungan finansial.

Travel via henry4school.fr

 

5. Shoes Cleaning

Kalau tadi penjualan sepatu lokal dan internasional, bisnis ini adalah bisnis yang sedang booming saat ini. Bisnis ini berawal dari memanfaatkan peluang dari kebersihan sepatu yang kita pakai. Bisnis ini bisa menjadi inspirasi bagi kalian. Selain itu, bisnis ini memberikan dampak positif bagi penggemar sepatu.

Jasa yang kalian berikan kepada konsumen tentunya tidak hanya laundry sepatu ya, guys. Repaint, reglue, dan perawatan lainnya bisa menjadi jasa shoes cleaning yang kalian akan jalankan. Dengan peralatan dan perlengkapan shoes cleaning, serta pemasaran via online dan dari teman-teman kalian. Tidak hanya baju dan sepatu yang memberikan diskon, kalian juga bisa memberikan diskon bagi konsumen kalian untuk menjadi point plus bisnis kalian.

 

Sepatu via cottonandcurls.com

 

6. Handmade Craft

Bagi kalian yang suka dengan kreativitas dan barang-barang diy (do it yourself), sangat bagus jika kalian menjadikannya sebagai bisnis. Handmade craft di sini berbahan dari kain perca atau bekas seperti tas, tempat alat tulis, patch, hingga gantungan kunci. Kalian yang suka bermain dengan warna sangat cocok dalam menjalankan bisnis ini.

Handmade craft ini banyak disukai oleh para kaum hawa. Cara memasarkannya juga cukup mudah via media sosialmu, serta banyak mengikuti even-event karena saat ini juga banyak event yang bertema handmade craft. So, untuk yang gemar dengan dunia seni sangat cocok menjadikan handmade craft buatanmu menjadi bisnis yang menguntungkan.

Tas handmade via captaincrafty.com

 

7. Jus Buah

Minuman yang banyak dikenal dan mudah dibuat ini bisa menjadi pilihan untuk memulai usaha. Dengan pengetahuan tentang manfaat buah-buahan, kalian bisa meracik resep jus buatan kalian sendiri. Sedikit tips, kalian tidak hanya bisa membuat jus dari satu buah saja, beberapa buah juga bisa dijadikan jus yang enak dan menyegarkan.

BACA JUGA:  5 Peluang Usaha Yang Menarik & Menjanjikan Tahun Ini

Kalian bisa memulainya dengan membuka kedai kecil-kecilan atau bekerja sama dengan restoran dan cafe untuk memasarkan jus terbaik kalian. Setelah berkembang, kalian juga bisa membuka cafe jus sendiri dan mendirikan franchise kedai jus kalian di beberapa tempat. Selamat mencoba!

Jus buah via thisistrouble.com

 

8. Web Designer

Bagi kalian yang gemar dan tidak asing dengan dunia Teknologi Informasi, web Designer juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Tidak perlu kuliah di jurusan TI, kan, untuk menjadi seorang web designer? Banyak juga yang belajar otodidak atau kursus, tergantung dengan passion kalian di bidang ini ya, guys.

Tentu saja kebanyakan pemasarannya lewat internet, dong. Dengan memasarkannya kepada perusahaan baik lokal, asing, maupun website pemerintah yang bisa kalian lakukan di rumah atau di mana saja. Tentunya berbekal dengan PC atau laptop kalian, serta kreativitas kalian untuk mendesain sebuah laman. Bisa menjadi kepuasan sendiri, bukan?

designer web via stock-clip.com

 

9. Tas Handmade

Gemar dibidang jahit-menjahit? Tidak hanya baju dan celana, kalian juga bisa membuat tas dengan brand sendiri. Dengan desain dan peralatan yang sudah disiapkan, kalian bisa menjalankan bisnis tas ini. Banyak desain yang disukai orang dan kalian pasti sudah tahu seperti apa selera konsumen yang menjadi target pemasaran kalian.

Suatu kebanggaan tersendiri, kan? Ketika brand yang kalian buat menjadi favorit konsumen atau teman-teman kalian. Tentunya dengan pemasaran lewat media sosial atau pamflet. Brand kalian bisa dikenal oleh orang-orang yang ingin membeli produkmu.

Tas via minxasheville.tumblr.com

 

10. Persewaan Outdoor Equipment

Bisnis ini tentunya dikhususkan bagi pecinta alam, dan bagi kalian yang suka dengan hiking dan tracking ke gunung, misalnya. Serta melakukan kegiatan camping di pantai atau di bebrapa tempat camping, usaha persewaan alat-alat outdoor ini bisa menjadi inspirasi.

Produk yang kalian perlukan untuk persewaan ini di antaranya tenda, matras, hammock, hingga carrier. Kalian bisa menjalankan bisnis persewaan ini. Melalui teman-teman atau media online, kalian bisa memasarkan produk berkualitas untuk traveling yang biasa dilakukan di alam bebas.

Outdoor equipment via minxasheville.tumblr.com

 

 

Beberapa bisnis tadi merupakan inspirasi bagi kalian yang ingin menjalankan bisnis sesuai passion baik untuk sekadar sampingan atau sebagai pekerjaan. Tentunya keberhasilan bisnis di atas tidak dapat diraih dengan mudah, guys. Tergantung kemauan kuat kalian untuk menjalankan bisnis tersebut.

Kalian bisa mencontoh dari film, buku, atau orang yang sukses disekitar kalian. Jadi, jangan takut untuk memulai bisnis karena There’s a Will, There’s a Way!

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose