5 Peluang Usaha Yang Menarik & Menjanjikan Tahun Ini

Berbicara tentang peluang bisnis maka akan ada banyak sekali peluang bisnis disekitar kita. Ada yang sudah dapat dijalankan dengan modal kecil tapi ada juga yang hanya dapat dijalankan dengan modal yang besar. Tapi menurut saya besaran modal tidak menjadi masalah karena ada banyak cara yang dapat kita jadikan solusi ketika menghadapi masalah permodalan. Untuk tahun ini, sepertinya tidak banyak perubahan tentang peluang bisnis apa saja yang memiliki prospek yang menjanjikan. Karena masalah utamanya bukan pada jenis usahanya tapi pada bagaimana cara kita menjalankan usaha tersebut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, peluang usaha berbasis teknologi dan internet masih menjadi primadona para pengusaha saat ini mengingat perkembangan teknologi yang begitu cepat dan ketersediaan koneksi internet yang semakin mudah dan murah. Namun masih ada beberapa peluang bisnis lama yang prospeknya masih cerah hingga saat ini sebutnya saja bisnis kuliner. Peluang bisnis kuliner ini seperti yang dikatakan banyak orang, tidak ada matinya. Nah, untuk lebih jelasnya dibawah ini ada beberapa peluang usaha yang menjanjikan di tahun ini yang dapat anda jadikan sebagai inspirasi.

ide bisnis

Bisnis Kuliner

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa bisnis kuliner ini dari tahun ketahun tetap memiliki prospek yang bagus. Tidak pernah surut karena produk yang dihasilkan selalu dibutuhkan banyak orang. Meskipun pelaku usaha kuliner ini bisa dibilang hilang patang tumbuh berganti tapi prospeknya sendiri masih sangat bagus. Pelaku usaha kuliner yang gulung tikar biasanya disebabkan faktor managemen yang kurang bagus. Sebut saja usaha warung bakso, yang namanya penjual bakso dari dulu sudah ada, hanya pemainnya saja yang berganti.

Untuk menjalankan usaha kuliner ini memang mudah, tapi perlu memperhatikan beberapa hal yang dapat mendukung suksesnya usaha kuliner yang anda jalankan seperti :

  • Pemilihan lokasi yang strategis
  • Kualitas produk yang bagus (Rasa yang enak)
  • Harga yang terjangkau
  • Tempat yang bersih dan nyaman
  • Pelayanan yang ramah
  • Cara pemasaran yang bagus.

Beberapa tips sukses menjalankan usaha kuliner diatas dapat diterapkan pada semua jenis usaha kuliner, baik yang modalnya kecil maupun yang modalnya besar. Seperti yang kita ketahui bahwa tingkat persaingan usaha kuliner ini cukup ketat, jadi jika tidak dijalankan dengan baik maka akan kalah dengan usaha-usaha sejenis lainnya.

Untuk tahun ini, sepertinya produk kuliner kreatif masih menjadi trend dan berpeluang besar karena tingkat persaingannya masih sedikit. Anda harus berfikir kreatif untuk menemukan jenis kuliner baru yang diminati banyak orang, siapa tahu produk inovasi kuliner anda akan populer seperti halnya bisnis sosis bakar yang sempat booming di tahun lalu.

BACA JUGA:  Inilah 7 Peluang Bisnis Menjanjikan di Tahun 2016!

Bisnis Properti

Peluang bisnis yang menjanjikan di tahun ini selanjutnya adalah bisnis properti. Sama seperti bisnis kuliner, bisnis properti merupakan bisnis yang tidak ada matinya, karena properti merupakan kebutuhan pokok bagi setiap orang. Selama orang masih membutuhkan tempat tinggal maka bisnis properti masih tetap dibutuhkan. Harga properti yang setiap tahun mengalami peningkatan menjadikan bisnis properti ini termasuk peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Buat anda yang tertarik menjalankan bisnis jual beli properti tetapi tidak memiliki modal yang cukup untuk membeli atau bahkan menyewa properti maka menjadi agen penjualan properti adalah pilihan yang tepat. Untuk menjadi agen properti anda tidak butuh modal banyak, anda hanya perlu memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan kemampuan negoisasi yang bagus. Cobalah survey ke beberapa tempat, ketika ada properti yang dijual jangan ragu untuk megajukan kerjasama penjualan ke pemilik properti. JIka anda berhasil menjual properti maka anda akan mendapatkan fee penjualan minimal 2% dari harga properti yang berhasil anda jual.

Untuk pemasaran bisnis properti ini sebaiknya anda gunakan internet dengan membangun sebuah website yang berisi katalog properti-properti yang anda jual. Jika ingin lebih simple gunakan saja market place khusus properti yang sudah ada di internet, selain tidak memerlukan keahlian khusus dalam membangun website anda juga dapat menggunakan semua fasilitas mereka dengan gratis.

 

usaha-sampingan

Bisnis Online

Ketersediaan koneksi internet yang semakin mudah dan murah menjadikan bisnis online ini menjadi bisnis yang menjanjikan di tahun ini. Saat ini orang lebih suka berbelanja online daripada hunting barang ke toko-toko offline. Tinggal nyalakan handphone dan browsing di internet maka barang yang kita butuhkan dengan mudah akan kita temukan.

Bisnis online sendiri sebenarnya tidak sebatas berjualan barang saja tapi kita juga dapat menawarkan jasa kita secara online. Misalkan jasa penerjemah, jasa penulisan, jada desain grafis dan masih banyak jasa yang dapat kita tawarkan secara online.

Jika saat ini anda memiliki bisnis offline baik dibidang jasa maupun penjualan sebaiknya gunakan internet sebagai media promosi online untuk mendapatkan kostumer yang lebih banyak lagi. Selain itu, promosi online dapat menjangkau konsumen yang lokasi jauh dari tempat kita.

BACA JUGA:  Menyiapkan Peluang Bisnis Rumahan yang Menggiurkan di Tahun 2016

Bisnis Jasa

Seperti yang telah disinggung diatas, bisnis dibidang jasa tahun ini memiliki prospek yang menjanjikan. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini anda dapat dengan mudah menawarkan jasa anda secara online yang memungkinkan anda mendapatkan order yang lebih banyak lagi. Sebenarnya ada banyak peluang bisnis dibidang jasa yang dapat kita jalankan dan berikut ada beberapa contoh bisnis jasa yang memiliki prospek yang bagus di tahun ini

  • Jasa pengiriman

Jasa pengiriman merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bisnis online khususnya berjualan barang secara online. Karena untuk mengirimkan barang-barang yang dibeli konsumen maka seseorang yeng berjualan secara online pasti membutuhkan jasa pengiriman.

Saat ini memang ada beberapa jasa pengiriman yang bisa dibilang menjadi langganan para pebisnis online, namun peluang di bidang ini masih terbuka lebar. Sebut saja JNE yang pasti semua orang mengenalnya, anda dapat mengajukan diri menjadi agen JNE dimana anda akan mendaptkan keuntungan minimal 20% dari biaya pengiriman. Atau anda dapat mencover layanan yang tidak dimiliki JNE seperti pengiriman hewan ternak, burung, benda-benad cair dan yang lainnya.

  • Jasa cuci kendaraan

Dari tahun ketahun pemilik kendaraan bermotor mengalami peningkatan yang cukup signifikan, maka tidak heran jika kemacetan terjadi dimana-mana. Kondisi seperti ini menjadi peluang yang menguntungkan jika kita membuka jasa cuci kendaraan bermotor. Apakagi ketika datang musim penghujan, maka jasa cuci kendaraan bermotor akan ramai dikunjungi pelanggan yang menginginkan kendaraannya selalu bersih.

Beberapa peluang bisnis yang menjanjikan diatas dapat anda jadikan sebagai inspirasi usaha yang akan anda jalankan di tahun ini. Sebenarnya kunci kesuksesan bukan terletak pada jenis bisnisnya tapi bagaimana cara kita menjalankan bisnis tersebut. Maka sebaiknya susunlah bisnis plan anda dengan baik agar dapat berjalan seperti yang anda inginkan. Jika menurut anda ada peluang usaha lainnya yang juga menjanjikan di tahun ini, silakan tulis dikolom komentar agar untuk membantu pembaca lain yang sedang mencari peluang usaha yang menjanjikan.

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose