8 Alasan Mengapa Kamu Harus Membayar Pajak!

Banyak orang di Indonesia masih belum mengerti mengenai pajak. Mungkin kamu juga termasuk yang masih bingung mengapa harus bayar pajak. Mengapa rakyat harus membayar pajak kepada negara? Bukankah dengan adanya pajak berarti membuat beban rakyat semakin bertambah?

Berapa dari kita juga pasti berbendapat bahwa negara kita ini kaya. Lalu, mengapa dengan kekayaan alam Indonesia yang melimpah rakyat masih harus membayar pajak? Apa pentingnya, sih, membayar pajak? Berikut ini merupakan 8 alasan mengapa pajak harus tetap ada.

1. Infrastruktur Transportasi

Info tol via infotol.org

Salah satu fungsi pajak adalah untuk pembangunan infrastuktur. Infrastuktur transportasi seperti jalan dan jembatan dibangun menggunakan dana dari pajak. Pembangunan tol serta permbangunan rel kereta yang saat ini dikerjakan di berbagai daerah juga menggunakan hasil dari penarikan pajak.

Infrastuktur jalan dan jembatan diperlukan untuk meningkatkan akses dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dengan adanya akses jalan yang baik, masyarakat dapat menjadi lebih produktif. Sehingga dengan masyarakat yang produktif tentu perekonomian masyarakat juga ikut meningkat.

Bayangkan saja jika jalanan rusak. Kamu pasti akan mengalami banyak kendala ketika mengendarai mobil atau motormu. Terutama saat musim mudik, akan sangat menyusahkan apabila jalanan yang bolong-bolong tidak diperbaiki. Begitulah pentingnya kontribusi pajak baik pajak daerah maupun pajak negara di bidang pembangunan infrastruktur transportasi.

2. Kemajuan Pendidikan

Kemajuan Pendidikan Sekolah

Kemajuan pendidikan via astaginapraptama.com

Pajak juga digunakan untuk anggaran pendidikan di Indonesia. Sebagai salah satu anggaran terbesar dalam APBN, maka pajak sangat berpengaruh bagi kemajuan pendidikan. Hasil penarikan pajak salah satunya digunakan untuk membiayai BOS (Biaya Operasional Sekolah).

Selain itu, pajak juga digunakan untuk kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan, seperti:

  • Pembelian atau pembangunan gedung dan prasarana pendidikan, penelitian dan pengembangan termasuk pembelian tanah sebagai lokasi pembangunan gedung dan prasarana tersebut.
  • Pengadaan sarana dan prasarana kantor, laboratorium dan perpustakaan.
  • Pembelian atau pembangunan asrama mahasiswa, rumah dinas guru, dosen, dan karyawan.
  • Sarana prasarana olahraga, sepanjang berada di lingkungan atau lokasi lembaga pendidikan formal.

Begitu banyak peran pajak bagi kemajuan pendidikan. Program wajib belajar juga berjalan dengan baik berkat pajak yang kamu bayarkan. Peran masyarakat yang semakin sadar akan pentingnya pajak akan sangat membantu pendidikan di Indonesia menjadi semakin baik.

3. Gaji Pegawai Negeri Sipil

Pegawai negeri sipil via setkab.go.id

Anggaran untuk gaji pegawai negeri sipil (PNS) juga menggunakan uang dari pajak, lho. Penggajian PNS menjadi salah satu anggran terbesar dalam APBN. Beberapa dari kita berpendapat bahwa anggaran negara mungkin terlalu besar untuk membayar PNS  sementara kinerja yang kurang maksimal serta korupnya yang masih menjamur di kalangan PNS.

BACA JUGA:  Millioner China Menurun Hingga 20 Persen

Namun bila bukan dari APBN, lantas dari mana lagi sumber untuk mengaji PNS? Sedangkan lebih dari 75% uang APBN berasal dari pajak. Artinya, sebagian besar uang dari pajak digunakan untuk membayar para pegawai negeri sipil, seperti guru, pegawai kantor desa, pegawai kantor kecamatan, pegawai berbagai dinas, dan masil banyak lagi.

Tetapi, besarnya anggaran untuk gaji para PNS juga sebanding dengan kinerja mereka. Meski banyak masyarakat yang belum sepenuhnya percaya, namun PNS memang sangat membantu masyarakat. Salah satu yang bisa kita lihat adalah bagaimana kerja keras seorang guru untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

4. Pertahanan dan Keamanan

Pertahanan dan keamanan via dekandidat.com

Seperti yang kita ketahui, anggaran pertahanan dan keamanan juga menggunakan APBN. Bahkan, di tahun 2016 anggaran untuk Kementerian Pertahanan sekitar 120 trillun. Besarnya anggaran ini dikarenakan untuk membeli Alutsista (alat utama sistem pertahanan) yang mahal. TNI berencana untuk membeli Alutsista yang baru, bukan lagi bekas seperti sebelumnya.

Dari sekitar 120 trillun anggaran pertahanan, 60% digunakan untuk membeli Alutsista. Pembelian Alutsista sangat penting, terutama setelah tragedi jatuhnya pesawat Hercules di Medan tahun lalu. Karenanya, TNI, terutama TNI AU, perlu melakukan pembelian pesawat baru untuk menggantikan pesawat lama.

Keadaan bebas perang bukan berarti negara tidak perlu membeli Alutsista. Pembelian Alutsista diperlukan untuk peremajaan pesawat lama yang telah berusia lebih dari 30 tahun. Dengan adanya pembelian pesawat baru akan memberikan rasa aman bagi personel yang bertugas.

5. Subsidi Pertanian

Subsidi pertanian via kabarbisnis.com

Fungsi pajak juga digunakan untuk memberikan subsidi di bidang pertanian. Pemberian subsidi yang diberikan berupa pupuk. Pupuk bersubsidi diberikan untuk membantu mengurangi beban para petani. Selain itu, diharapkan pula dapat meningkatkan hasil pertanian nasional.

Besar anggaran yang diberikan pemerintah kepada petani hampir 40 trillun. Dengan adanya subsidi ini, para petani dapat membeli pupuk dengan harga pasar yang lebih murah. Jadi, pajak yang kamu bayarkan juga membantu para petani meringankan beban mereka, lho.

6. Peningkatan Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan via harianterbit.com

Salah satu fungsi penting pajak yakni untuk meningkatkan fasilitas kesehatan. Fasilitas kesehatan menjadi kebutuhan yang sangat krusial bagi masyarakat. Berbagai fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit dibangun menggunakan dana APBN.

Berbagai program kesehatan pemerintah lainnya juga menggunakan uang dari penarikan pajak. Program seperti Kartu Indonesia Sehat dan BPJS menjadi prioritas pemerintah dalam menyediakan fasilitas kesehatan yang baik kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Inilah 19 Hobi yang Berpotensi Menghasilkan Uang!

7. Penanggulangan Bencana

Penanggulangan bencana via ppid.dephut.go.id

Pajak yang kamu bayarkan juga digunakan untuk penanggulangan bencana karena penanggulangan bencana masuk dalam anggaran negara. Salah satu hal yang dilakukan pemerintah dalam penanggulangan bencana adalah dengan membentuk Tim SAR (Search and Rescue).

Tim SAR merupakan badan yang bergerak baik dalam pencegahan maupun dalam penanganan bencana. Hampir setiap bencana alam yang terjadi, Tim SAR dikerahkan untuk terjun langsung ke lokasi kejadian. Bencana alam seperti Lumpur Lapindo, Gempa Jogja, Tsunami Aceh, dan Bencana Asap juga sangat melibatkan Tim SAR dalam kegiatan evakuasi.

Dengan penanggulangan bencana alam yang baik, diharapkan bencana alam dapat diminimalisir dampaknya. Melalui Tim SAR, pemerintah sangat serius dalam penanganan bencana alam. Dengan kontribusi pajak dari masyarakat, secara tidak langsung akan berdampak baik bagi kualitas penanganan bencana di Indonesia.

8. Membayar Hutang Negara

Hutang negara via teropongbisnis.com

Sebagian besar dari APBN juga digunakan untuk membayar hutang negara. Masyarakat mungkin merasa keberatan mengapa hutang luar negeri malah ikut menjadi beban masyarakat. Sehingga, pajak yang dibayar untuk meningkatkan berbagai fasilitas publik justru digunakan untuk membayar hutang negara.

Setiap tahunnya, hutang Indonesia terhadap luar negeri semakin besar. Tentu ini juga menjadikan anggaran untuk hutang luar negeri menjadi lebih besar setiap tahunnya. Banyaknya hutang yang membebani negara dipengerahui beberapa faktor, seperti pembangunan yang belum merata, kurangnya daya beli masyarakat, dan kurangnya kecintaan terhadap produk lokal.

Bila negera ingin mandiri dan sesegera mungkin lepas dari pengaruh hutang luar negeri, berbagai persoalan tersebut haruslah terselesaikan. Usaha ini juga harus didukung dengan masyarakat Indonesia yang lebih tertib pajak dan cinta produk lokal.

Kita sebagai warga negara yang baik sepatutnya untuk lebih cinta dan memakai produk dalam negeri. Selain itu, dengan melakukan pembayaran pajak, kamu juga membantu mengurangi beban hutang luar negeri Indonesia. Jika kualitas masyarakat menjadi lebih baik, bukan tidak mungkin jika pengaruh negara lain terhadap Indonesia akan berkurang.

Itulah 8 alasan mengapa kamu harus membayar pajak. Pada intinya, pajak digunakan untuk pembangunan negara. Lebih dari 75% APBN menggunakan uang dari pajak. Kamu juga wajib membayar pajak jika kamu sudah menjadi wajib pajak. Yuk, bayar pajak karena orang bijak taat bayar pajak!

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose