8 Pengusaha Indonesia Yang Jatuh Miskin

Forbes majalah yang berbasis di Amerika ini pada tahun 2012 melangsir pengusaha top Indonesia yang akhirnya bangkrut. Tetapi kebangkrutan perusahaan tidak sampai menjadikan perusahaan tersebut gulung tikar hanya menurunkan keuntungan sehingga mengganggu keuangan. Mungkin karena masalah pengelolaan uang yang kurang tepat atau ekpansi bisnis di luar ekspektasi serta banyaknya utang yang menumpuk sehingga beban sangatlah besar. Tentu kita bakal tidak menyangka hal itu akan terjadi di sebuah perusahaan besar. Di samping itu ada juga pengusaha-pengusaha Indonesia lainnya yang tidak disebutkan Forbes tapi juga mengalami pailit. Berikut ini akan kita ulas 8 pengusaha sukses Indonesia yang jatuh miskin.

1. Aburizal Bakri

bakrie

Siapa tidak mengenal sosok Bakri seorang politikus serta pengusaha sukses yang bergelut dari berbagai macam sektor usaha. Aburizal Bakri atau akrab di sapa Bakri pernah menjadi orang terkaya di Indonesia pada saat dia menjabat sebagai menko kersa pada tahun 2007 sempat di daulat Forbes menjadi orang terkaya di Indonesia. Tapi pada tahun 2012 Forbes mencoret Bakri dan menjadikan dia pengusaha yang miskin, ini disebabkan oleh sistem keuangan perusahaannya yang mengandalkan hutang serta merosotnya saham Bumi Resources yang menjadi Bakri jatuh miskin.

2. Purdi E. Candra

purdi

Sosok pengusaha yang satu ini cukup tenar di kalangan dunia pendidikan berkat usahanya yang begelut di dunia bimbingan pelajar. Purdi adalah seorang sarjana yang pernah mengenyam pendidikan di UGM serta UNY. Awal mula usahanya, ia menyewa tempat kecil dan hanya mempunyai dua murid. Setelah berjalan usahanya berkembang pesat dan diberi nama Primagama. Berkat kegemilangan serta kegigihan Purdi sehingga menjadikan Primagama sebagai bimbingan belajar yang nomor satu di Indonesia dan memiliki cabang hampir di seluruh Indonesia. Tapi dunia wirausaha yang tidak bisa ditebak menuntun Purdi pada sebuah masalah. Dengan kegemilangan itu Purdi akhir-akhir ini sedang dirundung masalah karena kasus penggelapan pajak sehingga perusahaan di bawah Primagama Purdi E Candra diputus pailit oleh Pengadilan Tinggi Tata Niaga.

3. Sriyono

sriyono

Delapan pengusaha yang sukses di Indonesia yang jatuh miskin selanjutnya adalah Sriyono seorang penjual siomay di Jakarta. Sriyono adalah orang Klaten yang merantau ke Jakarta dan berbisnis siomay berkat ilmu yang diperoleh semasa ia bekerja menjadi penjual siomay dengan orang Tionghoa. Setelah sang juragan wafat Sriyono mencoba memberanikan diri berdagang siomay. Tadinya usaha Sriyono berkembang pesat hingga beromset sampai milyaran. Usaha siomay Sriyono sangat kuat saat krisis pun usaha siomaynya tetap beromzet tinggi.

BACA JUGA:  Beberapa Usaha Sampingan Tanpa Modal Yang Menguntungkan

Jatuh miskin Sriyono dimulai setelah menikah, karena restu orang tua perempuan tidak didapat serta hubungan rumah tangga yang tidak harmonis menjadikan Sriyono sulit untuk mengontrol usahanya. Padahal saat itu Sriyono memegang satu-satunya kontrak kerja sama dengan KFC yang juga menjual menu siomay. Karena masalah keluarga sehingga bisnis siomay Sriyono kolaps kemudian dia menjual hak paten siomay keorang lain. Setelah itu dia tidak menentu menjadi gelandangan dijakarta juga pernah ia lalui. Tapi saat ini ia mulai merintis usahanya kembali dengan merek dagang baru yaitu Siomay Pink.

4. Heppy Trenggono

heppy-trenggono

Heppy Trenggono seorang pengusaha suskses dari Indonesia yang bergelut dengan alat berat. Awalnya ia adalah seorang pegawai di United Tractor karena merasa mempunyai ilmu serta ingin mencontoh sang kakak yang juga sukses dalam bisnis serupa ia juga memberanikan diri terjun di bisnis alat berat. Tak disangka saat perusahaannya baru berumur jagung dia sudah sangat terkenal di kalangan perusahaan yang membutuhkan jasa alat berat sehingga menjadikan ia termotivasi untuk menerima proyek yang di luar kekuatan perusahaannya. Di sinilah awal kehancuran usahanya karena sistem manajemen yang salah dia sampai terlilit utang milyaran rupiah dan mem-PHK ribuan karyawan dan perusahaannya dinyatakan pailit.

5. Yuli Nursanto

yuli-nursanto

Yuli Nursanto, mungkin sosok ini masih asing bagi kita, tapi kisahnya patut untuk dipetik pelajarannya. Yuli Nursanto adalah sosok pengusaha sukses dan ternama di Ponorogo yang akhirnya gila. Karena Yuli memiliki 7 bis 1 truk dan 2 stasiun radio serta biro jasa TKI. Kebangkrutan Yuli dimulai pada pilkada Ponorogo tahun 2005, saat itu ia ikut dalam perebutan kekuasaan Ponorogo 1. Bermodal seorang usahawan sukses, ia mempertaruhkan seluruh hartanya untuk membiayai proses untuk menjadi Bupati Ponorogo. Tak disangka dan tak dinyana milyaran rupiah habis ia gelontorkan tapi dia hanya duduk di peringkat 4 pemilihan Bupati Ponorogo. Akhir dikata usahanya yang telah ia rintis habis untuk menutup utang untuk membiayai maju menjadi bupati.

6. Mugiyono

Provinsi Kalimantan Barat adalah wilayah kekuasaannya pada saat ia jaya. Sosok perantau dari jawa yang bergelut di dunia bisnis tempe. Pada saat jayanya Mugiono adalah sosok pesohor pengusaha tempe di Pontianak omset Mugiono perbulan mencapai puluhan juta rupiah dan memiliki 2 mobil operasional hektaran tanah serta banyak karyawan. Setelah menikmati hidup bergelimang harta Mugiono bangkrut dan jatuh miskin karena pada saat itu harga kedelai melambung dan tidak bisa menutupi operasional pabriknya. Semua hartanya ludes dan kemudian saat ini dia malahan menjadi karyawan di pabrik tempe bekas karyawannya.

BACA JUGA:  Simak Cara Dua Gadis Kreatif Ini Meraup Keuntungan Miliaran Rupiah

7. Rasdim

Saat ini profesinya adalah seorang supir taksi tapi sosok Pak Rasdim patut diacungi jempol. Dia sempat mendekam dipenjara karena kasus korupsi karena dia adalah mantan politikus dan seorang supir taksi bergelar magister. Karena kesuksesan Rasdim dalam berbisnis di dunia kontraktor yang beromset ratusan hingga milyaran dalam sebulan. Akhirnya menuntun dan menjadikan dia bergelut di dunia politik, tapi dia juga sempat menjadi anggota dewan. Kisah suksesnya menjadi pengusaha lenyap ketika ia dipenjara karena kasus korupsi dan seluruh hartanya disita bersama koleganya.

8. Parman

Seorang pengusaha garmen sukses pada sebelum krisis moneter. Perusahaan garmennya sangat berkembang pesat dan bisa melakukan ekspansi ke seluruh Indonesia. Tapi akhir cerita manis itu lenyap setelah pada saat krisis moneter menghantam Indonesia, usahanya tak berdaya padahal pada saat itu omset dari perusahaannya mencapai ratusan juta rupiah. Pada saat itu juga ia terkena penyakit sehingga menambah beban serta manajemen perusahaan yang tidak semakin terurus dan gulung tikar. Dan saat ini ia menjadi gelandangan di ibukota.

Demikianlah kisah 8 pengusaha Indonesia yang jatuh miskin, semua itu merupakan kisah pengusaha sukses yang ada di zamannya yang akhirnya bangkrut kollaps serta gulung tikar dan menjadi miskin. Semoga kisah di atas bisa menjadi pelajaran bagi kita yang berkecimpung didunia wirausaha agar selalu berhati-hati dalam menjalankan bisnisnnya karena sebagian besar kisah kebangkrutan dan jatuh miskin berawal dari individu kita sendiri yang tidak cakap dalam mengelola perusahaan kita sehingga membawa perusahaan tersebut ke ambang kehancuran.

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose