9 Ide Bisnis Online untuk Kamu yang Kepentok Modal

9 Ide Bisnis Online untuk Kamu yang Kepentok Modal

Bisnis online via berberita.com

Dalam masa-masa remaja, kurang lebih usia 16-20 tahun, pasti banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Tapi, bagaimana cara memenuhinya kalau uang yang kita punya jauh dari cukup? Apakah terpikirkan untuk melakukan suatu pekerjaan untuk mendapatkan uang?

Saat ini, zaman sudah semakin maju dan didukung dengan adanya internet. Segala sesuatu yang awalnya susah, kini semakin mudah, salah satunya dalam bekerja. Sekarang, kalian bisa mencari uang melalui internet alias secara online. Kalian bisa membangun bisnis online yang cukup menjanjikan.

Untuk kalian yang minim modal untuk memulai suatu usaha mencari uang tambahan, kami di sini memberikan beberapa ide bisnis online yang bisa kalian lakukan. Tenang, tidak menggunakan modal besar, kok. Kalian masih bisa melakukannya, sekalipun tanpa modal.

9 ide bisnis online di bawah akan sangat membantu kalian. Kalian hanya perlu membagi waktu sebaik mungkin agar bisa melakukan ide-ide ini. Tidak perlu banyak keahlian khusus, kalian hanya butuh tekad dan niat yang kuat. Berikut adalah 9 ide bisnis online dengan modal kecil!

1. Jualan Produk dalam Bentuk Online Shop

Online shop via designers-revolution.com

Bisnis yang satu ini sedang gencar-gencarnya dilakukan banyak orang. Sudah banyak online shop bertebaran di internet, bahkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram yang juga terdapat banyak akun online shop. Semudah itukah membuka online shop? Bagaimana dengan modal promosinya?

Kalau kalian mempermasalahkan modal, tenang saja, online shop tidak menuntut kalian untuk membuka sebuah toko dalam wujud nyata. Modal promosi yang kalian butuhkan hanyalah gadget dan kuota. Paling tidak, kalian memiliki koneksi wifi. Mudah, kan?

Barang apa yang bisa kita jual? Kalian bisa menjual apapun, tapi jangan sampai produk yang melanggar hukum negara, ya. Kalian bisa menjual pakaian, makanan, make up, tas, bahkan sepatu. Kalian bisa menjual segala kebutuhan masyarakat, mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier.

 

2. Ragu dengan Online Shop Sendiri, Coba Berjualan di Pasar Online

OnlineShop-idntimes

Online shop via idntimes.com

Bagi kalian yang masih ragu dengan membuka online shop seorang diri, kalian bisa mencoba berjualan di pasar online. Kalian bisa menjual produk-produk yang sudah ditetapkan di pasar tersebut, misalnya saja gadget. Pasar online bisa menjadi awal dari bisnis online kalian.

Beberapa pasar online yang bisa kalian kunjungi dan bisa menjadi tempat kalian berjualan adalah Tokopedia, OLX, Lazada, Bukalapak, eBay (internasional) dan lain-lain. Kalian bisa mencarinya di Google, kalau kalian ingin tahu lebih banyak lagi pasar online yang mungkin belum banyak terekspos.

BACA JUGA:  Inilah Harta Kekayaan Kabinet Kerja Jokowi

 

3. Kalian Bisa Mencoba Menjadi Dropshipper, Jualan Tanpa Resiko

Bisnis Dropship Reseller

Usaha Dropshipper  via lamondeshop.com

Pernah mendengar istilah dropship? Kalau kalian sudah biasa berbelanja online pasti pernah mengetahui istilah itu. Kalau kalian mencari peluang bisnis online tanpa modal dan risiko, dropshipper adalah salah satu solusinya.

Bagaimana bisa tanpa risiko? Apabila kalian menjadi dropshipper, maka tugas kalian hanyalah menjual kembali produk dari supplier tanpa memiliki stok barang. Kalian hanya melakukan penjualan dan menerima pemesanan. Barang akan dikirim dari supplier langsung.

Walaupun disebut jualan tanpa risiko, tetap saja ada kekurangan dari menjadi dropshipper. Kekurangannya adalah keuntungan yang didapat lebih kecil, tidak bisa memonitor stok, dan kualitas tidak terkontrol. Tapi tenang, apabila supplier-nya terpercaya, semuanya akan baik-baik saja.

 

4. Kalau Suka Menulis, Cobalah Menjadi Penulis Artikel Freelance

jasa penulis - komputologi

Jasa penulis freelance via komputologi.com

Bagi kalian yang hobi nulis di waktu senggang, kalian bisa menjadi penulis artikel freelance. Kalau kalian punya blog, manfaatkan saja untuk mempublikasikan artikel kalian. Kalau tidak punya blog, kalian bisa menulis artikel untuk website besar.

Tapi ingat, menjadi penulis artikel tidaklah mudah. Kalian harus bisa membuat artikel yang berbobot dan semenarik mungkin. Kalian tidak mau, kan, kalau artikel kalian dicap tidak berguna bahkan membosankan? Jadi, jangan menganggap remeh perkejaan menulis artikel, ya!

 

5. Menjadi Copywriter Tidak Ada Salahnya untuk Dicoba

jasa copywriting via zyanwriter

Copywriter via zyanwriter.com

Masih berhubungan dengan menulis. Hanya saja ini sedikit berbeda. Menjadi seorang copywriter tidaklah mudah, guys. Tidak butuh banyak keahlian khusus, tetapi kalian harus paham dari siapa, untuk siapa, dan oleh siapa tulisan yang kalian buat. Seperti halnya demokrasi.

Menjadi copywriter tidak perlu mengeluarkan biaya. Beberapa hal yang kalian butuhkan adalah otak yang kreatif dan pandangan luas. Jauhkan diri kalian dari kata egois. Cobalah untuk menjadi bagian dari pembaca di luar sana. Jadikan tulisan kalian sebagai hal yang dibutuhkan pembaca.

 

6. YouTuber, Untuk Kalian yang Suka Mengekspresikan Sesuatu secara Visual

Youtuber via jkt.life

Komunitas Youtuber via jkt.life

Mengunggah video di YouTube bisa menjadi sumber penghasilan, guys. Mungkin untuk peluang bisnis online yang satu ini sudah banyak yang tahu. Menjadi youtuber tidak memerlukan modal besar, cukup kreatif dan percaya diri, maka kalian akan sukses sebagai youtuber.

Dari YouTube, kalian bisa menjadi seorang entertainer. Tidak sedikit artis yang sukses berawal dari seorang youtuber biasa sampai mencapai ketenaran yang tidak pernah mereka duga. Kita tidak pernah tahu jalan rezeki kita, kan? Bisa jadi kalian yang akan menjadi the next Justin Bieber. Wow!

BACA JUGA:  Menjalankan Bisnis Sampingan yang Menguntungkan

 

7. Menjadi Novelis? Why Not?

raditya dika

Novelis Raditya Dika via memobee.com

Bagi kalian yang suka menulis tapi tidak bisa menulis artikel, kalian bisa mencoba menulis suatu cerita dengan berbagai konflik. Kalian bisa kembangkan cerita kalian dan mengirimkannya ke penerbit. Tidak ada salahnya menjadi penulis novel.

Menulis novel juga menghasilkan rupiah yang tidak sedikit. Bahkan, sudah banyak penulis yang sukses besar dari novel karyanya. Salah satunya adalah J.K. Rowling, penulis novel Harry Potter dari seri pertama sampai seri terakhir dengan ketebalan buku yang luar biasa. Bahkan, Rowling sempat masuk ke jajaran milyader kelas dunia.

8. Punya Keahlian Menggambar, Kalian Bisa Membuka Jasa Desain Grafis

Desain grafis via lavenderlie.wordpress.com

Menggambar adalah kegiatan dasar yang semua orang bisa lakukan. Tapi, apakah membuat suatu desain dengan berbagai macam jenis dan bentuk, bisa dilakukan semua orang? Tidak semua orang bisa melakukan itu, tapi untuk kalian yang mempunya kemampuan itu, kalian bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan rupiah.

Percaya atau tidak, menyediakan jasa desain grafis bisa membuat kita mendadak kaya. Desain grafis bisa dihargai sangat mahal karena idenya. bahkan dalam setahun, desainer grafis bisa mendapatkan 1 milyar dari hasil desainnya. Pembuat desain grafis tidak bisa kita anggap remeh.

 

9. Tidak Bisa Menggambar, Kalian Bisa Menjual Stok Desain Grafis

Untuk kalian yang tidak mau banyak berpikir untuk membuat desain, kalian bisa menjual desain grafis buatan orang lain. Kalian bisa menjual hasil karya teman kalian dan membagi dua hasilnya. Tidak perlu berpikir keras untuk membuat desain, kan?

Tapi, kalian juga harus pintar dalam melakukan penjualan. Promosikan dengan benar agar banyak peminatnya dan tidak menjadikan si pembuat desain dongkol karena merasa hasil karyanya tidak laku atau bahkan tidak dihargai. Jangan sampai itu terjadi, guys!

 

 

Dari sembilan ide bisnis online di atas, manakah yang cocok dengan kalian? Sembilan ide tadi adalah ide minim modal, ya, guys. Jadi untuk kalian yang minim modal, kalian bisa coba ide-ide tadi. Kita tidak pernah tau, kan, jalan rezeki kita di mana? Selamat mencoba!

 

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose