Beberapa Usaha Sampingan Tanpa Modal Yang Menguntungkan

Sebelum membaca artikel ini lebih jauh, mungkin anda penasaran apa benar ada usaha sampingan yang bisa dikerjakan tanpa modal? Mungkin perlu kita luruskan dulu definisi dari modal itu sendiri supaya tidak terjadi misunderstanding tentang usaha sampingan tanpa modal yang akan kita bahas lebih lanjut. Perlu kita ketahui bahwa modal dalam sebuah usaha tidak selamanya berbentuk materi, ada modal yang masuk kategori non materi dimana perannya jauh lebih penting dari modal materi itu sendiri.

Selain itu, untuk menjalankan sebuah usaha dapat memulainya dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah dimiliki sehingga tidak perlu mengeluarkan modal uang lagi untuk menjalankan usaha sampingan. Jadi, ketika modal uang kita terbatas maka harus berfikir lebih kreatif dengan memanfaatkan apa yang sudah kita miliki untuk meminimalisir modal uang yang harus dikeluarkan.

Nah, jika kebetulan anda sedang mencari beberapa usaha sampingan tanpa modal yang dapat memberikan keuntungan yang lumayan, maka dibawah ini akan kami berikan beberapa contoh usaha sampingan tanpa modal yang dapat anda kerjakan dirumah.

ide bisnis online

Berjualan Online

Salah satu jenis usaha sampingan tanpa modal yang dapat kita jalankan adalah dengan berjualan secara online. Mengingat keterbatasan modal yang kita miliki maka berjualan secara online khususnya dengan system dropship merupakan pilihan yang tepat. Sistem dropship memungkinkan kita untuk menjual produk-produk dari suplier tanpa harus membelinya terlebih dahulu.

Modal materi untuk menjalan usaha ini tidak terlalu banyak, anda hanya perlu memiliki sebuah handphone atau smartphone saja. Tidak harus yang baru, manfaatkan smartphone yang sudah anda miliki untuk menekan modal awal menjalankan bisnis ini sehingga anda dapat menjalankan usaha sampingan ini tanpa modal sedikitpun. Yang penting smatphone anda masih berfungsi dengan baik untuk berkomunikasi dengan para suplier dan pelanggan anda.

Untuk memulai bisnis dropship ini, ada beberapa hal yang harus anda lakukan :

  • Menentukan produk yang akan dijual

Sebaiknya lakukan research kecil-kecilan untuk menentukan produk yang akan dijual. Anda dapat berkunjung ke beberapa market place seperti tokopedia, bukalapak, olx dan beberapa market place lainnya. Carilah produk yang sedang trend saat ini, atau coba cari produk yang penjualannya cukup banyak. Penjualan produk yang banyak mengindikasikan bahwa produk tersebut diminati banyak orang.

  • Mencari suplier

Mendapatkan suplier yang tapat dan siap dengan system dropship juga sangat mudah, ada dua marketplace yang dapat anda jadikan sebagai rujukan, yaitu tokopedia dan bukalapak. Mengapa harus tokopedia dan bukalapak? karena disitulah berkumpulnya para agen dan produsen yang sudah siap dengan sistem dropship. Selain itu harga yang ditawarkan juga lebih murah karena anda mengambil barang langsung dari produsennya.

  • Menentukan cara pemasaran
BACA JUGA:  10 Artis Terkaya Indonesia Berusia di Bawah 30 Tahun

Setelah menentukan produk dan mendapatkan suplier yang tepat, langkah selanjutnya adalah menentukan cara pemasaran yang tepat untuk mendapatkan penjualan seperti yang diinginkan. Gunakan media sosial seperti facebook, instragram, twitter dan media messenger seperti BBM, WA, Line sebagai media pemasaran gratis. Anda juga dapat membuat sebuah blog sederhana untuk dijadikan sebagai catalog online yang memudahkan calon konsumen memilah dan memilih produk yang mereka suka. Jika anda memiliki modal lebih, tidak ada salahnya mengunakan iklan berbayar seperti gooogle adword atau fb ads untuk mendongkrak penjualan agar lebih cepat.

 

agen properti

Menjadi agen property

Selain berjualan online dengan system dropship, anda juga dapat menjadi agen property sebagai usaha sampingan tanpa modal. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa bisnis property ini memiliki prospek yang sangat bagus dari tahun ketahun alasannya sederhana, karena harga property selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Menjadi agen property juga tidak membutuhkan modal yang banyak, secara materi anda hanya perlu memiliki smartphone saja sebagai media komunikasi. Selanjutnya anda harus punya modal non materi seperti mampu berkomunikasi dengan baik, mampu bertransaksi atau tawar menawar, memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan memiliki koneksi yang luas. Jika tidak memiliki modal non materi yang sudah disebutkan tadi mungkin menjadi agen property bukan pilihan tepat bagi anda.

Untuk memulai menjadi agen property ini, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan :

Lakukan survey ke tempat tertentu untuk mencari property yang dijual. Anda juga dapat mencarinya dibagian iklan yang ada di koran harian.

Hubungi pemilik property, utarakan niat anda untuk mengajak kerjasama penjualan rumah.

Jika pemilik property setuju, tanyakan dengan detil informasi tentang property yang dijual. Jangan lupa bicarakan pula berapa fee yang akan anda dapatkan jika berhasil menjual property tersebut.

Selanjutnya carilah konsumen yang bersedia membeli property tersebut.

 

blogger

Menjadi blogger

Usaha sampingan tanpa modal selanjutnya yang dapat anda kerjakan dirumah adalah dengan menjadi seorang blogger. Jika selama ini anda nge-blog hanya untuk mencurahkan isi hati alias curhat, menulis diary yang biasanya tidak memberikan hasil secara materi, maka mulai sekarang anda harus mengubah kebiasaan nge-blog anda. Cobalah buat blog dengan lebih serius yang berisikan kontent yang bermanfaat buat pembaca, dengan cara ini blog anda berpotensi mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas dengan cara menjadi publisher google adsense

BACA JUGA:  10 Negara Terkaya di Dunia

Untuk Menjadi blogger, modal material satu-satunya adalah seperangkat komputer atau laptop. Jika anda sudah memiliki komputer atau laptop sendiri maka anda dapat memulai bisnis ini nyaris tanpa modal. Mengingat menjadi blogger ini adalah bisnis berbasis internet maka anda perlu menyediakan koneksi internet untuk kelancaran bisnis anda. Anda akan sangat terbantu jika di lingkungan anda ada sinyal wifi gratis karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk koneksi internet, tapi jika tidak ada sinyal wifi gratis juga tidak masalah karena biaya koneksi internet saat ini semakin murah dan terjangkau.

Penghasilan seorang blogger biasanya dipengaruhi oleh traffic blog yang ia miliki, jadi semakin tinggi traffic-nya semakin besar pula penghasilan yang akan anda dapatkan. Tidak sedikit blogger yang berpenghasilan 10 juta perbulan, bahkan ada juga yang penghasilannya diatas 100 juta perbulan. Jika anda tertarik menjadi seorang blogger dan ingin sukses dengan cara ini, sebaiknya anda pelajari bagaimana cara membuat blog yang baik dan beberapa pendukung lainnya khususnya pengetahuan tentang SEO. Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak artikel tentang tips sukses menjadi blogger yang dapat dengan mudah kita temukan di internet, browsing saja via google.

Beberapa contoh usaha sampingan tanpa modal yang menguntungkan diatas saya harap dapat dijadikan sebagai pemacu dan pemicu semangat anda untuk menjalankan sebuah bisnis. Modal yang terbatas tidak menjadi halangan untuk tetap berbisnis karena ada banyak bisnis yang dapat dijalankan dengan modal kecil, bahkan tanpa modal sekalipun. Jika anda memiliki contoh bisnis atau usaha sampingan yang dapat dijalankan tanpa modal, silakan berbagi dengan menulisnya di kolom komentar dibawah ini.

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose