Daftar 5 Presiden Terkaya Di Indonesia

Indonesia dari tahun 1945 sampai saat ini sudah dipimpin oleh 7 orang presiden. Presiden pertama Indonesia adalah Soekarno, kedua Soeharto, ketiga Habibie, keempat Gus Dur, kelima Megawati, keenam Susilo Bambang Yudhoyono dan yang paling baru adalah Presiden Joko Widodo. Mungkin saat ini anda bertanya, di antara ketujuh presiden tersebut siapa yang bergelar presiden paling kaya di Indonesia. Mungkin anda juga bertanya-tanya sebenarnya dari mana semua kekayaan yang mereka miliki. Mari langsung saja kita bahas, 5 daftar terkaya presiden di Indonesia.

1. Soeharto

SoehartoPasti anda semua sudah tahu seperti apa kekayaan dari presiden kedua negara Indonesia ini. Dengan jumlah kekayaan yang sudah tak ternilai harganya.oleh karena itu Soeharto masuk dalam daftar terkaya di Indonesia. Pertama mari kita bahas mengenai biografi dari presiden Soeharto. Soeharto lahir pada tanggal 8 Juni tahun 1921 di Yogyakarta. Soeharto anak dari Kertosudiro dan Sukirah. Dia menikah dengan Sri Hartinah atau lebih dikenal dengan Bu Tien dan dikaruniai 6 anak. Soeharto awalnya seorang yang berkarir di angkatan darat Indonesia sebelum menjabat sebagai presiden. Dia pernah menjabat sebagai panglima angkatan darat Indonesia. Kemudian pada tahun 1968 beliau menjabat sebagai presiden Indonesia yang kedua menggantikan presiden Soekarno.

Ada banyak sekali yayasan yang di bawah kepemilikan keluarga cendana dan sebagian besar mempunyai jumlah penghasilan yang sangat besar. Tak hanya dari yayasan seperti Supersemar, Dharmis dan masih banyak lainnya. Soeharto juga memiliki investasi di banyak perusahaan. Soeharto hampir mengontrol 3,6 hektar real estate di Indonesia. Selain itu investasi di negara-negara lain seperti Amerika, Belanda, Uzbekistan dan lain sebagainya sangatlah banyak sekali. Soeharto terfokus pada bisnis perkebunan, pertambangan, komoditi, perminyakan dan juga perkayuan. Dengan segala banyak bisnis yang Soeharto punya menjadikan Soeharto sering masuk ke daftar terkaya di Indonesia maupun di dunia.

2. Megawati

MegawatiUntuk peringkat kedua presiden terkaya di Indonesia adalah Megawati. Megawati merupakan presiden kelima Indonesia. Megawati menjadi satu-satunya presiden wanita di Indonesia. Awalnya dia menjabat sebagai wakil presiden dari presiden Abdurahman Wahid. Tetapi setelah Abdurahman Wahid mundur digantikan oleh Megawati. Megawati merupakan anak dari presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno. Saat ini Megawati menjabat sebagai ketua umum dari partai PDI Perjuangan. Kekayaan mantan presiden kelima Indonesia ini sebesar Rp 59,809 milyar. Ini yang membuat Megawati menjadi salah satu daftar presiden terkaya di Indonesia.

BACA JUGA:  Achmad Hamami, Dari Karir Militer ke Bisnis

Megawati dan suaminya Taufik Kiemas mempunyai kekayaan sebesar itu berasal dari beberapa usaha yang mereka miliki. Mereka mempunyai 8 SPBU dan lain sebagainya yang senilai dengan Rp 32 miliar. Mempunyai 22 mobil yang senilai dengan Rp 1,553 miliar. Selain itu juga berasal dari 14 bidang tanah yang sama saja senilai dengan Rp 24,309 miliar. Tetapi ada beberapa mobil dan barang antik lainnya yang belum dihitung jumlah kekayaannya. Mungkin jika dihitung kekayaan Megawati lebih dari jumlah yang sudah disebutkan di atas. Daftar terkaya ini diperoleh pada saat Megawati mau mencalonkan diri sebagai presiden RI pada pemilihan presiden 6 tahun silam.

3. BJ Habibie

Bacharuddin HabibieBernama asli Prof. Dr (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie, BJ Habibie merupakan presiden ketiga Indonesia menggantikan presiden Soeharto yang dilengserkan pada 21 mei tahun 1998. BJ Habibie menikah dengan Hasri Ainun Besari pada tahun 1962 dan dikaruniahi 2 orang putra. BJ Habibie seseorang yang sangat taat dengan agama. Dengan segala kepintarannya dia juga mengembangkan segala bisnisnya di berbagai bidang. Ada bidang pertanian, perkebunan dan masih banyak lainnya. Dengan segala pendapatannya tersebut, beliau pernah masuk ke dalam daftar terkaya di Indonesia dan di dunia.

Dalam masa jabatannya dan setelah BJ Habibie pulang dari Jerman, diungkap BJ Habibie banyak melakukan KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme) melihat tiba-tiba Rudy Habibie langsung diangkat sebagai penasehat direktur utama dari PT Pertamina. Selanjutnya Rudy Habibie juga langsung menduduki sebagai menteri. Sebagian besar bisnis BJ Habibie berada di daerah batam. Selain itu banyak sekali keluarga Habibie yang mempunyai jabatan-jabatan penting di Indonesia. Menurut majalah Fat Eastern Economic Review kekayaan BJ Habibie kurang lebih sebesar 60 juta dollar AS. Inilah yang membuat BJ Habibie masuk ke daftar terkaya presiden di Indonesia.

4. Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang YudhoyonoPresiden yang menduduki peringkat kelima adalah Susilo Bambang Yudhoyono. Susilo Bambang Yudhoyono atau yang lebih dikenal dengan SBY menjabat sebagai presiden Republik Indonesia selama dua periode. Sekarang beliau menjabat sebagai ketua umum dari partai demokrat. SBY pernah masuk ke dalam 10 daftar terkaya di Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh dari Pojok anti korupsi KPK. Kekayaan SBY meningkat kurang lebih 1 miliar hanya dalam 5 bulan. Ini yang membuat banyak kalangan sedikit curiga dengan jumlah kekayaan dari mantan presiden keenam ini.

BACA JUGA:  Erick Thohir Sebenarnya Siapa?

Jumlah kekayaan SBY saat ini mencapai 269,730 dollar US. Jumlah tersebut terdiri dari tanah dan bangunan, harta bergerak, logam dan batu mulia, benda bergerak lainnya, giro dan juga tabungan. Kekayaan Susilo Bambang Yudhoyono awalnya sebesar Rp 6.848.049.611 setelah 5 bulan meningkat menjadi Rp 7.616.270. 204. Dari majalah forbes terbaru, Susilo Bambang Yudhoyono menduduki peringkat ke 10 sebagai pejabat terkaya di Indonesia. Hal ini memang tak dapat dipungkiri, kalau Susilo Bambang Yudhoyono bisa masuk daftar terkaya di Indonesia. Semoga semua uang yang didapatkan tidak berasal dari mencuri uang rakyat.

5. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

GusDurPresiden terkaya di Indonesia yang menduduki peringkat kelima adalah Abdurrahman Wahid atau lebih dikenal dengan Gus Dur. Beliau lebih dikenal sebagai seorang presiden yang suka guyon (bercanda) dengan khas celetukan guyonanya. Gus Dur menjabat sebagai presiden hanya sebentar saja, kemudian digantikan oleh Megawati yang pada saat itu menjabat sebagai wakil presidenya. Gus Dur memang belum pernah masuk dalam daftar terkaya di Indonesia maupun di dunia. Jumlah kekayaan Gus Dur kurang lebih sebesar 458 US dollar yang berasal dari bentuk kas dan giro. Selain itu juga berasal dari harta tak bergerak seperti tanah yang sebesar Rp 658,6 juta.

Ditambah dengan mobil, logam mulia, emas dan barang-barang antik lainnya yang mencapai Rp 1,76 miliar. Itulah 5 daftar terkaya dari presiden Indonesia. Presiden Joko Widodo tidak masuk ke dalam daftar presiden terkaya. Kekayaan Joko Widodo terakhir tercatat sebesar Rp 27,25 miliar. Sedangkan presiden Soekarno tidak diketahui berapa jumlah kekayaannya. Tetapi menurut beberapa sumber, Soekarno memiliki kekayaan yang sangat banyak. Sekian artikel kali ini, semoga dapat memberikan manfaat dan informasi untuk anda.

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose