Daftar Kekayaan Direktur Utama BUMN Indonesia

Menteri BUMN Dahlan Iskan berkata, gaji pokok dirut PT Pertamina mencapai hingga Rp 200 juta. Menurut Dahlan, gaji sebesar itu sesuai dengan standar pemimpin perusahaan sekelas Pertamina.
Pada Januari lalu ada kabar jika gaji Direktur Utama Badan Penyelesaian Jaminan Sosial (BPJS) mau dinaikkan menjadi Rp 530 juta. Itu berarti naik 4,4 kali lipat dibandingkan gaji Dirut Jamsostek yang sekitar Rp 120 juta.

Dirut di Telkom misalnya mengantongi Rp 7,53 miliar per tahun. Jika dihitung rata-rata per bulan, Rinaldi Firmansyah memperoleh penghasilan Rp 627,5 juta perbulannya.Direktur yang mendapat gaji terbesar kedua adalah Arief Yahya, Direktur Enterprise dan Wholesale Telkom sebesar Rp 7,49 miliar.

kekayaan direktur utama bumn

Sementara di direksi Mandiri mendapat Rp 6,6 miliar. Dalam laporan keuangan Bank Mandiri, gaji, tunjangan dan juga bonus yang diberikan ke 12 direksi mencapai Rp 79,35 miliar. Angka ini terdiri atas Rp 26,84 miliar gaji pokok, Rp 16,28 miliar tunjangan dan Rp 36,23 miliar sebagai bonus. Rata-rata satu orang direksi Mandiri membawa Rp 6,6 miliar.

Dari total 141 perusahaan BUMN, kinerja BUMN sektor perbankan cukup menonjol. Karena itu, gaji eksekutif bank yang pelat merah masuk dalam jajaran gaji tertinggi di BUMN. Rekor gaji tertinggi masih dipegang eksekutif Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dirut BRI Sofyan Basyir mendapat gaji Rp 167 juta per bulan. Direktur lain mendapat Rp 150 juta per bulan.

BACA JUGA:  Kevin Mintaraga : Rahasia Kesuksesan Magnivate Menjadi Digital Agency Terbesar di Indonesia

Selain adanya gaji, eksekutif BRI juga mengantongi bonus besar. Para direksi dan komisaris menerima total bonus Rp 69,11 miliar. Bonus dibagi untuk 10 orang direksi, 6 orang komisaris, dan 1 orang sekretaris dewan komisaris.

Di bawah BRI, adalah Bank Mandiri. Tahun ini, Agus Martowardojo yang duduk di kursi direktur utama mendapat gaji Rp 166 juta per bulan, sedangkan anggota direksi yang lain mengantongi Rp 150 juta per bulan.

Gaji bos Bank Mandiri hanya beda tipis di bawah gaji bos BRI. Namun, untuk bonus, angkanya terpaut cukup jauh. Jika tahun ini direktur utama BRI mendapatkan bonus Rp 6,036 miliar, bonus untuk dirut Bank Mandiri Rp 4,77 miliar. Meski demikian, jika ditambah dengan total gaji, pundi-pundi yang didapat Agus Martowardojo sangat besar, yakni Rp 6,762 miliar setahun atau sama dengan Rp 563,5 juta per bulan.

Tapi, tahun lalu para pemegang saham Bank Mandiri memberikan bonus lebih besar. Jika total bonus BRI Rp 39,187 miliar, bonus untuk eksekutif Bank Mandiri mencapai Rp 46,06 miliar. Dengan demikian, besaran bonus yang didapat dirut juga lebih besar, yakni Rp 3,70 miliar.

Sekarang, gaji Gubernur BI Rp 199 juta per bulan, sementara seorang Dirut BUMN besar sekelas PT Pertamina (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) dan PT Bank Mandiri Tbk berkisar Rp 180-190 juta perbulannya. Gaji bos BUMN itu di luar dari bonus dan fasilitas atau kompensasi.

BACA JUGA:  10 Negara Terkaya di Dunia

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose