David Koch – Kaya Raya & Dermawan

Nama David Koch tidak hanya mudah dikenal karena jumlah kekayaannya yang membuatnya sering masuk dalam daftar orang terkaya versi forbes namun karier politik dan kedermawanan nya juga semakin membuat namanya dikenal masyarakat luas.

Riwayat Hidup

David Hamilton Koch lahir di Arkansas-Amerika tanggal 03 Mei 1940, Orangtua nya Fred Chase Koch adalah seorang Ahli kimia maka tak heran jika selanjutnya dia memutuskan untuk menempuh pendidikan Chemical Engineering di Massachusetts Institute of Technology.

Selain dunia ilmu kimia, David Koch juga tertarik untuk mendalami dunia politik. Eksistensi nya di dunia politik terlihat saat dia ikut aktif dalam kegiatan partai liberal Amerika Serikat. Bahkan partai Liberal sempat mencalonkan dirinya sebagai wakil presiden pada tahun 1980 namun di tahun 1984 dia memutuskan untuk keluar dari partai liberal dan bergabung dengan partai republic.

Setelah sempat selamat dari musibah kecelakaan pesawat mengerikan yang menewaskan 32 orang  pada tahun 1991, David Koch sempat di diagnosa menderita kanker prostat pada tahun 1992, dan beragam cara telah dia lakukan untuk menyembuhkan nya namun David Koch harus menerima kenyataan bahwa bisa saja suatu saat nanti penyakit itu akan kembali menjangkiti nya.

Kenyataan seperti itu mampu menggerakkan kedermawanan David Koch, Kedermawanan nya mulai terlihat nyata saat dia rela membiayai berbagai macam proyek penelitian dan pengembangan obat untuk menyembuhkan penyakit kanker, tercatat sejak tahun 1998 hingga 2012 dia telah mengucurkan dana sebesar Us $ 395.000.000 untuk proyek penelitian tersebut. Kedudukan David Koch sebagai dewan redaksi kanker prostat adalah bukti lain bahwa David Koch memang pantas disebut sebagai “Salah satu pengusaha yang paling dermawan dan Rendah Hati di Amerika” seperti ditulis oleh Conde Nast Portofolio.

BACA JUGA:  Profil Amancio Ortega Gaona - Orang Terkaya Spanyol

Dunia seni juga menarik minat David Koch meskipun tidak berperan sebagai pelaku seni namun dia pernah menyumbangkan dana sebesar US$100 juta untuk The New York State Theater di Lincon Center sehingga namanya diabadikan dalam salah satu Theater pada 2008 dengan nama David H Koch theater.

Keluarga

David Koch adalah satu dari empat bersaudara, Kakek dari pihak ayahnya adalah seorang imigran asal negeri Belanda. Ayahnya adalah seorang insinyur Kimia sekaligus Pebisnis handal. Fred Koch ayah dari David Koch adalah pendiri perusahaan kilang minyak yang selanjutnya lebih dikenal dengan nama Koch Industries, perusahaan yang dinobatkan oleh forbes sebagai perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika Serikat di tahun 2011.

Kekayaan

Forbes mencatat kekayaan David Koch pada bulan Maret 2013 ini sebesar US $34 Miliar bisa dipastikan dengan kekayaan sebesar itu nama David Koch tentu saja tak susah untuk masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Tahun ini forbes menempatkan nya di posisi 6 Manusia terkaya di dunia, di Negara nya sendiri David Koch menempati urutan ke 4 sementara dalam daftar forbes 400 dia tampil di urutan ke 4 bahkan bapak dari 3 orang anak di tetapkan masuk di urutan ke 41 Manusia paling berpengaruh di dunia.

Bisnis dan Perusahaan

David Koch adalah Executive Vice President Koch Industries sebuah perusahaan multinasional yang berbasis di Kansas-Amerika Serikat, Awalnya Koch Industries bergerak dalam industry penyulingan dan distribusi minya bumi namun kini dengan jumlah anak perusahaan yang semakin banyak, bisnis Koch Industries pun terus berkembang bahkan sampai pada bisnis manufaktur, perdagangan dan investasi, pulp dan kertas sampai peralatan kimia teknologi serta usaha lain, kini Perusahaan ini tercatat telah mempekerjakan 50.000 Orang di Amerika Serikat dan 20.000 Orang di 59 Negara lain nya.

BACA JUGA:  Profil Stefan Persson - Orang Terkaya Swedia

Demikian profil atau biografi singkat David Koch, salah satu pengusaha paling dermawan di Amerika.

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose