Handojo Santosa, Orang di Balik Japfa Comfeed Indonesia


Pak Handojo, itulah sapaan hangat untuk pria kelahiran Surabaya 49 tahun yang lalu ini. Kiprahnya dalam dunia bisnis Indonesia mendapatkan tempat yang sangat membanggakan, dan pada tahun 2011 silam sempat menjadi orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes.

Handojo Santosa lahir di Surabaya pada tahun 1964. Handojo Santosa terkenal dengan kepribadiannya yang bijak, senang menerima pendapat dan saran orang lain, bahkan dengan keterbukaan dan sifat kerjasama yang dimilikinya, bisa merangkul semua elemen yang tergabung dalam bisnisnya sehingga bisnis yang bergerak dalam bidang emiten pakan ternak itu semakin tumbuh dalam kepemimpinannya.

 Keluarga

Handojo Santosa lahir dari keluarga yang berkecukupan. Perusahaan yang dikelolanya saat ini, yaitu PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Merupakan perusahaan yang diwariskan oleh keluarganya. Namun, sebenarnya pencapaian yang diraihnya hingga saat ini bukan saja dikarenakan warisan ataupun kekayaan keluarganya, namun juga dikarenakan oleh usaha dan kerja kerasnya sehingga perusahaan tersebut semakin maju dan berkembang dalam pengelolaannya.

Perusahaan

PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Itulah nama perusahaan yang membesarkan namanya, dan perusahaan yang namanya dibesarkan oleh Handojo Santosa. Sebenarnya perusahaan tersebut dirintis oleh pendahulunya, yaitu Teguh Santosa, kemudian diwariskan kepada anaknya, yakni Pak Handojo Santosa. Dibawah kepemimpinannya yang dimulai tahun 1998, perusahaan itu semakin berkembang, walaupun pada saat diwariskan perusahaan tersebut mengalami tekanan yang cukup besar. Disinilah kehebatan seorang Handojo Santosa, yang bisa merangkul semua stakeholder bisnisnya sehingga menjadikan sebuah kerjasama yang saling menguntungkan.

Kekayaan

Menurut pandangan yang dikemukakan oleh majalah Forbes pada tahun 2011, Pak Handojo Santosa merupakan salah satu orang terkaya Indonesia, dengan nilai kekayaan mencapai 630 juta dollar, nilai tersebut merupakan kekayaan yang cukup membanggakan.

Bisnis

Kiprah bisnis yang digeluti Handojo Santosa sangat banyak. Debutnya dimulai pada tahun 1986 sebagai seorang manajer di perusahaan minyak kelapa bernama Nilam di Surabaya, kemudian pada tahun 1989 karirnya meningkat menjadi wakil direktur utama di perusahaan yang sama. Dengan kinerjanya yang sangat baik di bidang bisnis, membuat karirnya semakin menanjak, yang akhirnya pada tahun 1997 Handojo Santosa menjadi Direktur utama.

PT. Japfa Comfeed

Perusahaan yang bergerak di bidang pakan ternak yang dirintis oleh Teguh Santosa itu semakin berkembang dalam pengelolaan Handojo Santosa, ini tidak didapatkan dengan percuma, melainkan karena Handojo Santosa memiliki bakat dan pengalaman yang banyak untuk bidang pakan ternak, pengolahan, pembibitan serta budidaya. Pengetahuan dan keterampilan itulah yang membuat Japfa Comfeed menjadi salah satu perusahaan besar.

Ometraco Group

Ometraco Group adalah nama awal perusahaan pakan unggas yang diturunkan oleh ayahnya kepada Handojo Santosa, yang kemudiaan diganti nama menjadi PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Perusahaan yang bergerak di bidang pakan unggas ini semakin berkembang dari tahun ke tahun, dan pada 5 tahun terakhir ini perkembangannya mencapai angka 21 persen.

Itulah sedikit profil dan biografi Handojo Santosa, Wong Suroboyo yang menjadi orang terkaya Indonesia.. Semoga dengan penjelasan di atas, membuat kita termotivasi untuk mengikuti jejak kesuksesannya.

←More from Handojo Santosa

Kembali ke atas