Inilah 19 Hobi yang Berpotensi Menghasilkan Uang!

“Jaman sekarang, nyari uang kok susah!”. Ini dia keluhan orang-orang yang susah sekali mendapatkan pekerjaan untuk menghasilkan uang.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa sudah banyak sekali pengangguran yang bersaing mendapatkan pekerjaan untuk biaya hidupnya. Apalagi di era yang modern seperti sekarang ini, skill, pengalaman kerja, dan kualitas pekerja lebih diutamakan oleh perusahaan-perusahaan yang mencari karyawan baru.

Tapi, apakah hanya bekerja di perusahaan saja, kamu bisa mendapatkan gaji besar? Tentunya tidak. Coba putar otak untuk berbisnis sendiri. Selain bisa menciptakan peluang kerja, kamu juga bisa kok mendapatkan penghasilan yang lebih besar daripada bekerja di bawah tangan orang lain.

Tidak usah pusing-pusing mau berbisnis apa. Manfaatkan saja hobimu. Hobi tidak hanya sebagai kegiatan favorit saja lho ya, tapi bisa banget menghasilkan uang kalau kamu bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

Kata Bapak Ridwan Kamil, “Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar”. Nah, orang mana sih yang nggak tergiur kalau hobi kesukaannya malah bisa menghasilkan uang? Berikut ini adalah beberapa hobi yang bisa dikembangkan menjadi bisnis dan berpotensi menambah pundi-pundi rupiahmu.

1. Memasak

Rahasia memasak via www.resepmakan.com

 

Khusus untuk kamu yang gemar banget memasak, ditambah jika bisa memasak dengan cita rasa yang menggoyang lidah, bisa banget lho, hobimu ini kamu salurkan menjadi sebuah bisnis kuliner. Jenis bisnisnya bisa berupa bisnis katering atau rumah makan, sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Peluang bisnis makanan lainnya untuk tahun ini bisa berupa bisnis makanan ringan, bisnis makanan sehat, atau bisnis makanan kering online.

 

Contoh pengusaha yang terkenal dari bisnis ini adalah Yoyok Heri Wahyono pemilik Waroeng Spesial Sambal (SS) yang berawal dari kegemarannya dengan kuliner pedas. Sampai saat ini, Waroeng SS sudah tersebar sebanyak sebanyak lebih dari 55 cabang di Yogyakarta, Solo, Semarang, Bandung, Jakarta, Malang, Bali, hingga Pekanbaru.

 

Contoh pengusaha terkenal lainnya adalah Reza Murhaliman yang sukses meraup untung dengan Kripik Maicih-nya. Awal bisnisnya tersebut ia promosikan secara online pada akun media sosial Twitter yang lambat laun mampu mendatangkan banyak pelanggan.

 

2. Fashion Shopping

Hobi shopping pilih baju via 117.103.66.26

 

Ini nih, biasanya yang mempunyai hobi belanja ini adalah kaum hawa. Nah, daripada menghamburkan uang saja dan barang belanjaanmu hanya menumpuk menjadi koleksi, kenapa tidak dicoba untuk menghasilkan uang?

 

Contohnya seperti bisnis fashion yang banyak dilirik para wanita. Omset yang didapatkan juga nggak kalah tinggi lho dengan bisnis lain. Kamu cukup mencari supplier yang berkualitas dan terpercaya. Selanjutnya, kamu bisa mempromosikannya dengan mudah secara online.

 

Jika kamu memiliki keahlian menjahit atau mendesain, akan sangat bagus bila kamu membuat produkmu sendiri. Dengan begitu, produkmu akan terlihat lebih inovatif dan spesial. Risikonya, kamu mungkin harus mengalami beberapa kali trial and error sebelum menghasilkan produk yang benar-benar matang.

 

Contoh dari bisnis ini adalah Zalora yang telah membangkitkan tren e-commerce di Indonesia. Selain itu, outlet busana muslim Rabbani yang produknya merupakan hasil rancangan desainernya sendiri.

 

3. Elektronik

Elektronika via boombastis.com

 

Jika kamu ahli dalam mengotak-atik barang elektronik, salurkan saja hobimu menjadi bisnis. Bidang bisnisnya bisa berupa bisnis jasa service barang elektronik seperti, Televisi, radio, ataupun DVD player. Berjualan atau menyewakan barang eletronik juga bisa kamu lakukan bila kamu berani bermodal tinggi.

 

Selain uang, keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari bisnis adalah semakin meluasnya pengetahuanmu tentang elektronik. Hal ini didapat berkat kebiasaanmu menghadapi perangkat elektronik maupun tuntutan konsumen. Semakin kamu ahli menangani konsumen dengan permasalahan elektoniknya, kamu tentu akan semakin dipercaya.

 

4. Otomotif

Ilustrasi dunia otomotif via thegaspol.com

 

Nah, hobi ini biasanya banyak dilakukan oleh para cowok. Daripada sekadar hobi otak-atik kendaraan, akan sangat bagus apabila hobimu itu dijadikan bisnis. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak komunitas otomotif di Indonesia. Bisnis yang bisa kamu jalankan adalah bengkel service otomotif atau jual jasa suku cadang kendaraan beserta aksesorisnya.

 

Jika kamu mau, kamu juga bisa membuka jasa modifikasi mobil dan motor. Nantinya jika kamu sudah spesial dan ahli di bidang ini, kamu bisa mengembangkannya hingga mencapai pasar yang lebih luas. Atau bisa juga dalam bidang mobil balap. Siapa tahu suatu hari nanti brand milikmu bisa menjadi sponsor di ajang F1.

 

5. Komputer

Programmer komputer via infootak.blogspot.com

 

Bisnis di bidang komputer bisa dibedakan menjadi dua, yaitu hardware dan software. Hardware adalah perangkat keras komputer yang terlihat dan tersentuh secara fisik seperti keyboard, mouse, PC, dan monitor. Software adalah perangkat lunak pada komputer yang berbentuk data-data dalam komputer berupa software operasi dan software aplikasi.

 

Berbisnis dalam bidang hardware bisa dengan menjual hardware komputer atau jasa servis komputer. Untuk bisnis software, kamu bisa memperdalam software desain grafis. Aplikasi yang bisa digunakan adalah Adobe Photoshop, Adobe Indesign, Coreldraw, dan semacamnya. Produk yang dihasilkan bisa berupa undangan, pamflet, poster, desain kaos, hingga desain merchandise.

BACA JUGA:  7 Atlet Terkaya Indonesia Berusia di Bawah 30 Tahun

 

Jika kamu paham dengan website, bisnis jasa desain website juga bisa kamu lakukan. Atau jika kamu paham bahasa pemrograman alias koding, kamu bisa menciptakan software atau aplikasi sendiri. Contoh yang sedang booming adalah aplikasi untuk smartphone. Uang akan mengalir dengan sendirinya jika aplikasi ciptaanmu banyak diunduh. Tapi, jangan membuat aplikasi hoax atau penyebar virus, ya. Kamu harus bisa berbisnis secara sehat.

 

6. Bermain Game

Manfaat game via www.duniaku.net

 

Bermain game merupakan salah satu hal favorit sebagian besar orang. Apalagi di saat jenuh dan tidak ada kerjaan. Seperti yang sedang ngehits sekarang ini, yaitu game COC (Clash of Clans). Banyak sekali yang memainkan game tersebut baik pria, wanita, orang dewasa, bahkan anak-anak.

 

Bisnis dari game yang dapat menghasilkan uang yaitu dengan menjual beberapa item dalam game tersebut. Peluang bisnis lainnya adalah membuka warung internet (warnet) game online atau persewaan play station. Namun, walaupun bisnis ini dapat menghasilkan uang berlimpah, jangan sampai kecanduan dan tetap ingat waktu, ya, terutama bagi kamu yang masih pelajar.

 

7. Membaca dan Menonton

Baca novel terus nonton film via rubik.okezone.com

 

Hobi membaca dan menontonmu juga bisa kamu salurkan pada bisnis. Jika kamu juga sering mengoleksi buku bacaan atau DVD film asli, buka saja persewaan atau rental. Ide berbisnis berjualan DVD film atau buku best seller juga bisa kamu lakukan.

 

Zaman sekarang, persewaan atau toko DVD bajakan sudah sangat menjamur. Apabila kamu memang niat berbisnis dalam bidang tersebut, usahakan untuk menyediakan produk yang asli. Akan sedikit lebih mahal, memang. Namun, pelanggan yang benar-benar mengerti pasti akan tetap datang membeli produkmu.

 

8. Kerajinan Tangan

Handicraft barang bekas via kerajinantangansip.blogspot.com

 

Bisnis ini cocok untuk orang yang kreatif dalam membuat keterampilan atau kerajinan tangan. Contoh bisnis yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan kain bekas atau kain flanel untuk dijadikan bros, gantungan kunci, atau bahkan boneka. Kalau kamu suka merajut, bisa banget untuk dijadikan ide bisnis yang bernilai jual lebih tinggi.

 

Ide bisnis handicraft lainnya adalah dengan memanfaatkan kayu bekas, bambu bekas, tempurung kelapa, atau bahan bekas lainnya yang bisa kamu jadikan bahan kerajinan tangan. Bisa kamu buat menjadi miniatur, lampu hias, dan kerajinan tangan lainnya. Hasil kerajinan tangan biasanya dihargai tinggi karena proses produksinya yang tidak mudah.

 

9. Fotografi

Fotografer via belfot.com

 

Banyak sekali orang-orang zaman sekarang yang berlomba-lomba mengunggah foto terbaiknya. Hanya bermodalkan smartphone yang tersedia aplikasi edit foto pun sudah jadi. Apalagi, jika smartphone tersebut memiliki kamera yang beresolusi tinggi.

 

Namun, memang hasilnya tidak sebagus seperti kamera DSLR atau GoPro yang memiliki spesifikasi lengkap. Nah, jika kamu mempunyai berbagai jenis kamera dan peralatan foto, bisnis sewa atau jual-beli kamera bisa kamu lakukan. Selain itu, kamu juga bisa membuka bisnis jasa fotografi untuk acara pernikahan, buku kenangan, dan momen berharga lainnya.

 

Bila kamu senang merekam video, bisa kamu mengunggahnya di situs YouTube. Melalui YouTube, kamu juga bisa menghasilkan uang yakni dengan mendaftarkan akunmu pada Youtube Partners Program.

 

10. Traveling

Traveling backpacker via www.playbuzz.com

 

Untuk kamu yang senang jalan-jalan mengunjungi objek wisata atau bahkan seorang backpacker, berbisnis jasa traveling bisa kamu jadikan alternatif. Kamu bisa membangun bisnis ini sendiri atau dengan sistem waralaba. Omsetnya juga nggak kalah lumayan untuk bisnis ini. Bisa mencapai Rp 200 juta lebih saat musim liburan.

 

Bentuk jasa traveling yang kamu wujudkan bisa bermacam-macam, mulai dari jasa tiket online, jasa pemesanan hotel, hingga jasa paket wisata. Tidak perlu takut kesusahan mendapat konsumen karena zaman sekarang, pariwisata sedang menjadi isu yang lumayan seksi dan populer seiring dengan kebutuhan para traveler yang terus meningkat.

 

11. Menulis

Hobi nulis via travelblog.ticktab.com

 

Hobi menulis juga bisa kamu jadikan sumber penghasilanmu. Menulis di media massa, membuat tulisan di website, blog, atau menerbitkan buku, bisa kamu jadikan pilihan untuk bisnismu.

 

Jika kamu seorang blogger yang gemar menulis di halaman blog-mu, kamu juga bisa mengumpulkan pundi-pundi dollar dari sana. Kamu hanya perlu mendaftar melalui program periklanan Google Adsense.

 

12. Melukis atau Menggambar

Alat melukis kanvas via riswanrswnart.blogspot.com

 

Hobi melukis atau menggambar berpeluang besar untuk dijadikan bisnis. Butuh jiwa seni penuh dan kreativitas tinggi untuk menjalani bisnis di bidang ini.

 

Bisnis ini bisa kamu jalani dengan membuka jasa lukis seperti jasa lukis sketch wajah, gambar karikatur, lukisan 3D, mengikuti ajang pameran, desain kaos, desain wallpaper, dan masih banyak lagi. Bisnis ini akan membuatmu berpenghasilan lumayan bila ditekuni dengan baik.

BACA JUGA:  Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil Dengan Keuntungan Yang Besar

 

13. Musik

Bermain gitar via selaluada11.blogspot.com

 

Bermusik termasuk hobi yang menyenangkan. Bahkan, dapat membuat tingkat frustasi berkurang jika mendengarkan atau memainkan alunan musik. Tak hanya manfaat itu saja yang bisa kamu dapatkan, hobi bermusik juga bisa menghasilkan uang, lho.

 

Kamu bisa membentuk sebuah grup musik untuk mengisi suatu acara, membuka persewaan studio band, atau menjual alat musik. Jika kamu yakin melanjutkan ke jenjang rekaman, cobalah untuk mengirim demo musik ke perusahaan rekaman. Untuk awal-awal bisa kamu coba di jalur label indie.

 

Bagi kamu yang hanya gemar mendengarkan musik, kamu bisa membuat merchandise, baju distro, dan aksesoris lain yang berhubungan dengan genre musik tertentu atau idola yang kamu sukai. Ditambah sudah banyak sekali fans club musik yang ada, komunitas penggemar musik tertentu pasti akan membelinya.

 

14. Kliping

Buku kliping menarik via contohsimpel.blogspot.com

 

Sering mengumpulkan berbagai artikel atau tulisan tertentu juga dapat menghasilkan uang lho, guys. Seperti di toko buku Shooping daerah Yogyakarta yang juga menjual beberapa kliping yang banyak dibutuhkan oleh kaum pelajar untuk menyeleseikan tugasnya.

 

Namun terkadang, menjual kertas atau koran bekas tidak menghasilkan uang yang begitu banyak. Untuk itu, kamu harus lebih telaten dan bersabar dalam mengumpulkan kertas bekas tersebut sampai menjadi banyak dan akhirnya dapat menghasilkan uang yang lumayan.

 

15. Olahraga

Sehat dengan olahraga via www.nuga.co

 

Olahraga memang penting untuk kesehatan tubuh kita. Apalagi yang gemar berolahraga pasti tahu bagaimana menjaga badannya. Jangan jadikan sekadar hobi saja, tuangkan pada bisnis agar mendapatkan tambahan penghasilan. Misalnya membuka tempat kebugaran, jasa pelatih senam, membuka arena lapangan futsal, atau berjualan perlengkapan olahraga.

 

16. Kolektor

Koleksi barang antik kuno via hartakoin.blogspot.com

 

Bagi kamu yang gemar mengumpulkan barang-barang antik, hobimu ini bisa kamu jadikan ajang bisnis. Koleksi barang-barang antikmu bisa kamu jual ke pembeli yang tertarik atau bahkan ke sesama kolektor. Satu barang antik dan kuno saja sudah berharga tinggi, apalagi jika kamu bisa menjual banyak.

 

Barang antik yang dijual bisa berupa telepon lama, koin, sepeda, keramik, dan lain sebagainya. Akan bernilai jual lebih tinggi apabila barang antikmu memiliki nilai historis yang tidak biasa. Misalnya ketika kamu ingin menjual sendok dari Kerajaan Majapahit, pastilah orang akan berlomba-lomba menawarnya dengan harga yang fantastis.

 

17. Berkebun atau Bercocok Tanam

Tanam tanaman di taman via pesonatanamanhias.blogspot.com

 

Bercocok tanam dan memelihara tanaman tidak hanya dapat memuaskan hobimu saja, namun juga akan menghasilkan uang bila kamu jadikan sebuah bisnis. Bisnis yang bisa kamu jalankan adalah menjual koleksi tanaman, jasa hias taman, dan yang lainnya yang berhubungan untuk tanaman.

 

Untuk memulai promosi, kamu bisa mengikuti berbagai pameran tanaman yang sering diadakan di kotamu. Tidak kalah seperti pameran elektronik, pameran tanaman dan holtikultura juga sangat ramai dikunjungi, lho. Terutama jika kamu bisa memodifikasi tanamanmu dengan lebih unik dan kekinian, pastilah akan ada banyak pembeli yang mengantri.

 

18. Memelihara Hewan

Manfaat bermain dengan kucing via www.simplyprimelaundry.com

 

Bagi pencintanya, hobi memelihara hewan dapat memberi kesenangan tersendiri. Ide bisnis dari hobi ini bisa kamu lakukan dengan membuka toko hewan beserta aksesoris dan makanan hewan, atau juga bisa membuka salon perawatan hewan.

 

Selain kamu bisa menyalurkan hobi sekaligus melestarikan hewan yang kamu suka, kamu juga dapat meraup untung yang tidak sedikit dengan bisnis seperti ini. Bekerjasamalah dengan dokter hewan yang ahli agar konsumenmu semakin menaruh keeprcayaan.

 

19. Merias Wajah

Make up wajah via www.cantikalamiah.com

 

Merias wajah memberikan keasyikan tersendiri. Selain untuk make over wajah menjadi lebih rupawan, hobi ini juga dapat dijadikan suatu bisnis. Contoh bisnis yang bisa kamu jalani adalah membuka salon kecantikan, jasa rias pernikahan, jasa rias wisuda, atau jasa rias di acara lainnya.

 

 

Itu dia beberapa ide bisnis yang berasal dari sebuah hobi. Jangan takut menuangkan ide gilamu pada bisnis yang kamu jalani. Bisnis yang sukses berawal dari keberanian dan inovasimu.

 

Gagal di awal dalam berbisnis itu wajar. Namun, jika kegagalan itu kamu takuti, selamanya kamu nggak akan maju, guys. Jadi, bagi kamu yang mau berbisnis, maju terus pantang menyerah, ya, untuk mencapai sukses dalam bisnismu. Good luck!

 

 

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose