Inilah 7 Peluang Bisnis Menjanjikan di Tahun 2016!

Inilah 7 Peluang Bisnis Menjanjikan di Tahun 2016!

Sejak zaman dahulu hingga sekarang, manusia selalu dihadapkan dengan berbagai kebutuhan. Sejalan dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia pun semakin beragam jenisnya. Kebutuhan manusia yang semakin beragam tersebut dihadapkan dengan jumlah alat pemuas kebutuhan yang semakin terbatas.

Setiap orang selalu merasakan kebutuhan terhadap barang, jasa, ataupun uang dalam hidupnya di masyarakat. Oleh karena itu, kita sebagai manusia akan melakukan apa saja untuk mendapatkan kebutuhan. Jadi, sebenarnya yang mendorong untuk melakukan berbagai kegiatan atau bekerja adalah kebutuhan kita yang harus dipenuhi untuk mencapai kepuasan hidup.

Untuk teman-teman yang ingin berwirausaha atau baru pertama kali ingin punya usaha sendiri, jangan takut untuk mencoba karena kalau kamu tidak mencoba, kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan kamu dapatkan. Membuka usaha jangan melulu mementingkan besarnya laba, tetapi juga memikirkan manfaatnya untuk membantu banyak orang.

Mungkin sebagian dari kita berpikir, orang-orang bisa sukses karena mereka memang punya banyak uang, lalu mereka memang dari keluarga kaya, atau memang itu usaha keluarga mereka. Jangan berpikir seperti itu karena tidak semua pengusaha punya latar belakang yang menyenangkan.

Mereka yang berusaha dari nol justru punya pengalaman lebih banyak dan mereka tahu cara untuk berjuang agar mencapai tujuan yang ditetapkan. Cobalah beberapa usaha yang sesuai dengan keahlianmu seperti berikut ini!

 

1. Peternakan

Peternakan via blogspot.co.id

Sebagian orang memang tidak terlalu paham dengan usaha di bidang ini, kenapa? Modal pasti mahal, belum lagi merawat hewan-hewannya, pokoknya ribet, deh. Guys, kalau dibilang ribet, semua usaha itu memang tidak mudah, tinggal kitanya yang masih ingin bermalas-malasan atau malah ingin berguna bagi orang banyak.

Buat kamu yang suka memelihara hewan, usaha perternakan patut kamu coba. Misalnya seperti ternak ayam, sapi, kambing, atau bebek. Di Indonesia, kita tahu bahwa sumber protein sangat penting bagi kelangsungan hidup. Tidak hanya daging ternak saja yang bisa kita jadikan sumber penghasilan tetapi banyak bagian dari hewan-hewan yang menghasilkan banyak manfaat.

Contohnya sapi. Susu sapi sangat penting bagi kita. Contoh selanjutnya adalah bebek. Kamu bisa mejual telur bebek secara original atau diolah menjadi telur asin. Selain itu, daging ayam yang sangat populer juga bisa dijadikan berbagai macam hidangan, begitu juga dengan telurnya.

 

Selain terkenal dengan olahan sate, ternyata kambing juga dapat menghasilkan susu yang sangat berkhasiat bagi kesehatan. Nah, buat kalian yang masih ragu untuk buka usaha di bidang peternakan coba pikirkan lagi manfaat dari salah satu bidang ini, ya.

 

2. Pertanian dan Perkebunan

Pertanian via blogspot.co.id

Hijau, hijau, dan hijau. Indonesia merupakan negara kepulauan di Asia Tenggara yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Papua Nugini, Singapura, dan Timor Leste, serta diapit oleh 2 samudera, yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Indonesia memiliki iklim tropis yang disebabkan letaknya yang tepat dibawah garis khatulistiwa.

BACA JUGA:  9 Ide Bisnis Online untuk Kamu yang Kepentok Modal

Indonesia merupakan salah satu negara yang sedang berkembang. Meskipun dengan statusnya yang sedang berkembang, Indonesia ternyata cukup dikenal di mata dunia. Lahan pertanian dan perkebunan yang luas serta mata pencaharian penduduk yang sebagian besar merupakan petani.

Banyak sekali manfaat membuka usaha di bidang pertanian dan perkebunan. Bukan hanya padi saja, tetapi juga buah-buahan dan sayur-mayur yang setiap hari kita konsumsi merupakan sumber serat yang baik untuk kesehatan banyak orang.

Jangan sampai kita makan dari hasil pertanian negara lain, ya. Malu, dong, Indonesia yang begitu banyak sumber daya alam sudah sepantasnya bisa memanfaatkan kelebihannya dengan bijak. Kita harus memajukan Indonesia dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Jadi, buat kalian yang senang dengan hijau-hijau, coba deh mengabdi sambil bekerja.

 

3. Perikanan

Perikanan via wwf.or.id

Potensi perikanan di Indonesia sudah tidak diragukan lagi kekayaannya. Bayangkan saja lautan yang menjulang dari sabang sampai merauke. Kita tidak pernah kehabisan sumber energi dari ikan. Salah satu makanan empat sehat lima sempurna ini memang banyak digemari di Indonesia.

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk yang sangat besar merupakan pasar potensial untuk produk perikanan. Namun, fakta saat ini menunjukkan bahwa konsumsi ikan perkapita Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan konsumsi penduduk negara berkembang lainnya.

Apa kita tidak akan merasakan makan ikan di negara kita sendiri? Apakah anak cucu kita tidak bisa merasakan rasa ikan di tahun yang akan datang? Tentu saja hal itu tidak boleh dibiarkan. Kita sebagai penerus bangsa harus dapat mengubah dan menjadikan Indonesia sebagai negara tuan rumah bagi masyarakat Indonesia sendiri.

 

Siapa lagi kalau bukan kita? Penerus bangsa yang akan memajukan Indonesia. Untuk kalian yang suka memelihara ikan, bagaimana jika kalian mencoba mengembangbiakannya? Usaha di bidang perikanan memang sangat berguna dan banyak sekali manfaatnya.

 

4. Perhotelan, Kontrakan, atau Kamar Kost

Kos-kosan via wordpress.com

Jika kamu punya modal lebih, tidak ada salahnya buka usaha di bidang ini. Membangun usaha ini tidak akan merugi. Usaha ini justru akan mendatangkan kalian lebih banyak untung. Bagaimana tidak, hotel termasuk dengan paket wisatawan yang pasti membutuhkan tempat penginapan.

Kontrakan, tidak semua orang bisa membeli rumah sendiri. Jadi, dengan adanya peluang seperti ini kalian bisa memanfaatkan lahan kosong utuk dijadikan kontrakan. Kamar kost, biasanya kost merupakan tempat sementara anak-anak kuliahan. Tetapi ada juga penyewa kamar kost yang merupakan pasuturi atau pekerja.

Usaha ini bisa dikatakan harus mempunyai modal yang besar tapi usaha ini juga yang membuat kamu bisa pensiun kapan saja tanpa perlu memikirkan pendapatan setiap tahun bahkan bulan. Sustainable, Usaha ini akan tetap berjalan tanpa kita perlu bekerja sangat keras.

BACA JUGA:  5 Peluang Usaha Yang Menarik & Menjanjikan Tahun Ini

 

5. Sembako

Belanja via bplans.com

Ini adalah salah satu usaha yang terbilang memerlukan modal sedikit. Bagaimana bisa sedikit? Usaha retail yang satu ini sudah banyak kita temukan di Indonesia, mulai dari toko kelontong, toko besar, toko kecil, mini market hingga super market.

Sembako (sembilan bahan pokok) merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk mempertahankan hidup. Jika kebutuhan primer ini tidak atau kurang terpenuhi, maka kehidupan sehari-hari akan terasa timpang. Sembako tersebut dapat meliputi beras, gula, minyak goreng, dan lain sebagainya.

Nah, buat kamu yang punya modal kecil, usaha ini dapat dikerjakan bahkan di rumah kamu sendiri. Berjualan tidak harus punya tempat tersendiri kok. Rumah yang kamu huni bisa dijadikan fasilitas untuk membuka usahamu. Mengingat banyaknya masyarakat di Indonesia yang sebagian besar konsumtif, kamu bisa memanfaatkan peluang ini.

 

6. Kuliner

Chef via bju.edu

Bidang usaha satu ini memang banyak digemari hampir di semua negara. Kekreativitasan dalam mengolah bahan makanan menjadi sebuah hidangan yang dapat memenuhi kebutuhan pokok manusia menjadi tantangan para koki karena terkadang, konsumen ingin sesuatu yang baru dengan makanan mereka.

Mulai dari junk food hingga warung makan kaki lima berlomba-lomba untuk menyajikan hidangan khasnya. Tidak hanya mencari untung, tetapi juga bisa menyalurkan hobi mereka. Dengan modal secukupkanya, kamu sudah bisa membuka usaha kuliner, kok.

 

7. Bisnis Online

Online shopping via myfatpocket.com

Ini dia usaha yang sedang booming. Ya, bisnis online. Bagaimana tidak, usaha ini merupakan salah satu usaha yang tidak mengeluarkan modal besar dan kamu bisa membuka usaha tanpa memikirkan lapak berupa bangunan untuk memajang produkmu.

Jika teman-teman punya banyak keahlian, kalian bisa, lho, menjual keahlian kalian di usaha online ini. Usaha online bisa berbentuk dalam berbagai macam jenis, mulai dari fashion, makanan, hingga berjualan jasa seperti jasa bersih-bersih kamar. Untung yang didapat juga akan lebih banyak jika kalian punya usaha online sendiri.

 

Untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hudup, manusia perlu melakukan kegiatan ekonomi yang meliputi kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi. Setiap barang atau jasa di dunia ini selalu ada manfaatnya.

 

Namun, ada satu hal yang akan sangat mengubah hidupmu jika kamu membuka sebuah usaha. Ini akan sangat menguntungkan kamu karena anda tidak lagi bekerja sebagai bawahan seseorang. Bagaimana? Tertarik menjadi pengusaha sukses selanjutnya?

 

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose