Jim Walton – Putra Bungsu Pewaris Jiwa Bisnis Founder Wal-Mart

Seperti halnya anggota keluarga Walton yang lain, Jim Walton terlahir dengan dianugerahi kepemilikan saham keluarga di Wal-Mart dari sang ayah Sam Walton.

Riwayat Hidup

Terlahir dengan naman James Carr Walton di Arkansas pada 07 Juni 1948, Dia lebih sering dipanggil dengan nama Jim Walton. Jim Walton adalah bagian termuda dari keluarga pendiri bisnis retail Wal-Mart, Setelah Rob Walton yang saat ini menjabat Sebagai Chairman Wal-Mart kemudian John Walton yang meninggal dalam sebuah kecelakaann pesawat dan Alice Louise Walton yang terkenal dengan kedermawanannya dan kecintaannya akan seni bahkan pada tahun 2011 Alice mendirikan Crystal Bridge Museom of American Art dan aktif disana.

Sam Walton dan Hellen Walton mengajarkan naluri bisnis kepada anak-anak nya sejak kecil, Jim Walton menyelesaikan kuliah nya di University of Arkansas sama seperti saudar-saudara lainnya. Pada awalnya Jim Walton bergabung dengan Wal-Mart seusai kuliah dan bekerja disana selama empat tahun kemudian pada tahun 1975 Jim Walton memutuskan untuk meninggalkan Wal-Mart dan bergabung dengan bisnis keluarga Walton yang lain, Walton Enterprise, Jim Walton menjabat sebagai ketua dan anggota dewan di Publisher Inc. Hingga akhirnya September 2005 Jim Walton memilih untuk menarik diri dari jajaran dewan Bisnis retail peninggalan keluarga nya Wal-Mart, Jim Walton lebih memilih untuk menjadi seorang banker dan sekarang Jim Walton pun mampu menjadi tokoh kunci Bank terbesar di Arkansas Bank Avrest.

Keluarga

Terlahir dari Keluarga pebisnis handal membuat insting bisnisnya terasah sejak mulai kecil, Sam Walton sang ayah yang terkenal sebagai pendiri bisnis retail terbesar Wal-Mart menginspirasi anak-anaknya untuk melakukan hal yang sama, Kendati tidak secara langsung mengurusi bisnis warisan keluarga namun tetap saja naluri bisnisnya dia terapkan dalam dunia perbankan dengan bergabung ke Bank Avrest, Sukses dalam dunia bisnis ternyata keberhasilan itupun mampu Jim Walton terapkan dalam Pernikahannya dengan Lynne McNabb yang berhasil membuahkan 4 orang anak.

Kekayaan

Forbes menempatkanya di urutan ke 14 dalam daftar orang terkaya di dunia, Jumlah kekayaannya yang di tafsir mencapai US $26.7 B per Maret 2013 ini membuat nya duduk nyaman di posisi orang terkaya di Amerika Serikat, forbes juga menempatkannya di urutan ke 7 dalam daftar forbes 400.

Bisnis dan Perusahaan

Jim Walton merupakan salah satu keluarga Walton yang tidak sepenuhnya ikut andil dan campur tangan terhadap kelangsungan bisnis retail terbesar Wal-Mart tidak seperti kakaknya Rob Walton yang mengurusi langsung kelangsungan bisnis warisan keluarga ini, Namum kepemilikan sahamnya atas Wal-Mart tetap saja memberikan keuntungan yang lebih mengingat eksistensi Wal-Mart hingga saat ini sebagai penyedia retail terbesar di seluruh dunia.

Saat ini Jim Walton menduduki jabatan sebagai Chairman di Avrest Bank, Sebuah bank yang berpusat di Arkansas dan menjadi Bank terbesar di Arkansas. Avrest Bank adalah bank pertama yang menerapkan penggunaan Automtic Teller Machine (ATM) untuk bertransaksi pada tahun 1976, bahkan di tahun 1998 bank Avrest juga telah memanfaatkan jaringan internet untuk pelayanannya.

Avrest bank kini total mempekerjakan hampir 5000 karyawan di seluruh cabang-cabangnya yang berjumlah lebih dari 230 cabang yang  tersebar di seluruh Amerika Serikat.

Demikian profil atau biografi singkat Jim Walton, putra bungsu sang legenda Wal-Mart Sam Walton.