Kartini Muljadi - Wanita Terkaya di Indonesia


Kartini Muljadi adalah salah satu dari banyak wanita hebat yang ada di Indonesia. Beliau menjadi satu-satunya perempuan yang masuk dalam jajaran orang-orang terkaya di Indonesia, yang juga membuat seluruh wanita bangga karena kegigihannya dan daya saing dengan para pria. Beliau adalah pendiri dari kantor pengacara Kartini Muljadi dan Rekan yang didirikan pertama kali pada tahun 1990. Berikut adalah profil dari kisah sukses seorang Kartini Muljadi yang pada akhirnya menjadi salah satu dari empat puluh orang pengusaha terkaya di Indonesia.

Keluarga

Kartini Muljadi dikaruniai oleh tiga orang anak yang juga ikut andil dalam kesuksesan ibunya. Seperti anak laki-lakinya yaitu Handojo, beliau memiliki sebuah perusahaan yang membantu dalam mendirikan firma hukum Kartini Muljadi dan Rekan dengan bantuan dari perusahaan obat Tempo Scan. Begitu juga dengan anak lainnya yaitu Dian Muljadi yang juga membantu dalam bisnis Tempo Scan Pacific Tbk bersama dengan sang suami dan bahkan anaknya sendiri pun memilih untuk membangun perusahaan sendiri yaitu Grup Indika. Tentunya kerja keras yang keluarga besar ini bangun tidak lepas dari saling bahu membahu dan mendukung satu sama lain. Itulah yang patut dicontoh dari keluarga ini sehingga semua anggota keluarga merasakan yang namanya kerja keras.

Kekayaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Kartini Muljadi menempati peringkat di orang-orang terkaya di Indonesia, yaitu peringkat ke 18 pada tahun 2012 dengan kekayaan yang diperolehnya dari Kartini Muljadi dan Rekan. Beliau masih menjabat sebagai salah satu pengacara di kantornya sendiri sehingga ia juga ikut berperan dalam kesuksesan perusahaan yang sudah ia bangun sejak awal. Kekayaan yang dimiliki oleh beliau ditaksir sekitar USD 1,51 miliar atau setara dengan Rp.14,5 triliun (kurs 9.602,65) menjelang akhir tahun 2012 yang tentunya tidak didapatkan begitu saja tanpa usaha yang keras dan juga saling bahu membahu antara keluarga.

Bisnis dan Perusahaan

Kartini Muljadi dan Rekan adalah sebuah firma hukum yang sudah didirikan sejak 1990 oleh Kartini Muljadi sendiri. Oleh karena itu tidak heran jika beliau dinobatkan menjadi satu-satunya wanita yang memasuki jajaran orang paling kaya se Indonesia tersebut. Anak-anaknya pun juga memiliki perusahaan sendiri yaitu Tempo Scan yang bergerak dalam bidang farmasi yang sahamnya juga dimiliki oleh Kartini Muljadi. Keluarga ini salin bahu membahu dalam memajukan bisnis sehingga tercipta kesuksesan yang bisa dirasakan secara langsung dari kerja keras yang mereka lakukan.

Riwayat Hidup

Ibu beranak tiga dan juga keluarganya ini menjual sekitar satu perlima sahamnya sebesar US$ 218 juta. Beliau gemar membaca bermacam-macam buku agama dan juga buku-buku professional saat beliau sedang ada waktu luang. Wanita sukses ini lahir di Surabaya pada 17 Mei 1930. Tidak hanya sukses dalam bisnis, namun beliau juga sukses dalam hal sosial. Itulah yang membuat Kartini Muljadi spesial. Selain menjadi satu-satunya wanita yang masuk dalam empat puluh orang terkaya di Indonesia, beliau juga tidak lupa untuk melakukan pekerjaan sosial dengan menjabat sebagai ketua pengurus yayasan kesehatan Sumber Waras yang sudah berdiri hampir 50 tahun yang lalu.

←More from Kartini Muljadi

Kembali ke atas