Kisah Sukses Susilo Wonowidjojo, Orang Terpandang dari Tanah Kediri

susilo-wonowidjojoJawa Timur merupakan wilayah Indonesia bagian barat tempat berdirinya pabrik-pabrik besar. Berbagai jenis pabrik dapat Anda temukan ketika singgah di setiap wilayah yang beribukota di Surabaya tersebut. Tidak hanya pabrik, Jawa Timur juga merupakan wilayah kelahiran orang-orang terpandang karena keberhasilan atau prestasinya, salah satu orang yang memberikan nama harum untuk Jawa Timur adalah Susilo Wonowidjojo. Beliau lahir dengan nama Cai Daoping. Siapa yang tidak mengenal beliau, hanya mendengar nama beliau disebut saja, langsung orang-orang tertuju pada bayangan orang terpandang dan terkenal. Susilo Wonowidjojo merupakan Presiden Direktur dan pemilik PT Gudang Garam. Pabrik rokok yang terkenal di Indonesia tersebut adalah milik beliau. Orang sukses kelahiran Kediri, Jawa Timur tersebut merupakan anak nomor tiga. Beliau bukan pendiri pabrik rokok tersebut, melainkan sang ayah yang berhasil dan mampu mendirikan pabrik rokok sehingga sampai memiliki nama besar hingga saat ini. Susilo Wonowidjojo menerima mandat dari sang ayah, yaitu Surya Wonowidjojo untuk meneruskan pekerjaan sebagai Presiden Direktur di PT Gudang Garam yang kini sudah merambah sebagai pasar nasional yang sangat terkenal. Tidak heran jika beliau sering dibicarakan dan banyak juga ditemukan nama beliau dalam buku tentang Kisah orang sukses yang ada di Indonesia. Dan memang pemilik pabrik rokok di Indonesia identik sebagai orang terkaya di Indonesia karena orang-orang Indonesia pun identik dengan kebiasaan merokok, sehingga ketergantungan akan rokok pun masih tergolong besar, maka pabrik rokok termasuk PT Gudang Garam pun masih menjadi salah satu pabrik rokok yang aktif.

Mengenal Lebih Dekat Sosok Susilo Wonowidjojo

Sebelum menuju pada kesuksesan beliau meneruskan dan menjalankan bisnis ayahnya, lebih tepat untuk mengenal terlebih dahulu siapa beliau. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa beliau adalah anak ketiga. Susilo Wonowidjojo memiliki keluarga dan dikaruniai empat orang anak yang luar biasa. Dan salah satu dari anaknya ternyata mengikuti peran sang ayah bekerja di PT Gudang Garam tersebut. Melalui bimbingan Susilo Wonowidjojo, salah satu anaknya tersebut memiliki peran yang kuat juga dalam menjalankan bisnis keluarga. Ajaran yang baik dan positif memang akan berguna hingga masa depan dan itu dibuktikan dalam diri Susilo Wonowidjojo. Tidak ada yang dapat memprediksi seseorang akan sukses ketika dia masih kecil. Begitu juga pada sosok Susilo Wonowidjojo, kemungkinan sebelum-sebelumnya tidak ada yang pernah menyangka bahwa beliau akan menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia. Hanya seorang anak kelahiran tanah Kediri, tanah Jawa Timur, yang hidup dengan disiplin dan kerja keras, kini menjadi sosok yang sangat dikagumi dan diteladani semangat bisnisnya.

BACA JUGA:  Kisah Sukses Boenjamin Setiawan, Pengusaha Bergelar Dokter

Pundi-pundi Kekayaan Sang Presiden Direktur PT Gudang Garam

Berbicara mengenai Kisah orang sukses memang kurang lengkap jika tidak mengetahui seberapa besar kekayaan yang dimiliki. Anda pun boleh takjub dan terheran-heran dengan pundi-pundi yang dimiliki oleh seorang Susilo Wonowidjojo. Orang yang sukses dan terkaya sudah pasti akan memiliki pendapatan fantastis. Untuk seorang Susilo Wonowidjojo, menurut salah satu media menyebutkan bahwa pundi-pundi yang dimiliki sekitar tujuh milyar Dollar. Namun dengan melihat perkembangan pesat pabrik rokok PT Gudang Garam yang tidak pernah berhenti produksi maka sudah semakin dipastikan bahwa pundi-pundi sang Presiden Direktur akan semakin bertambah dan bertambah. Apalagi saat ini semakin banyak juga orang Indonesia bahkan remaja yang merokok. Pabrik rokok pun akan semakin berjaya. Tidak heran pula dengan banyaknya pendapatan yang masuk ke kantong hidupnya, beliau pun masuk dalam kategori lima besar orang terkaya di Indonesia. Sedikit demi sedikit maka lama-lama menjadi bukit. Dan kalimat tersebut sepertinya memang tepat untuk bisnis yang dijalankan oleh Susilo Wonowidjojo. Sang ayah yang awal mula bisnis dengan pelan-pelan tapi pasti dapat mendirikan sebuah pabrik rokok yang memiliki nama dan tidak dilupakan hingga saat ini. Sehingga tidak heran jika kekayaan sang Presiden Direktur tidak habis-habis. Sebaliknya, semakin tinggi dan semakin tinggi dan benar-benar menjadi bukit kekayaan keluarga besar.

Di Balik Keberhasilan Susilo Wonowidjojo

Keberhasilan Presiden Direktur PT Gudang Garam yang sudah menginjak usia sekitar lima puluh tujuh tahun tersebut tidak hanya kerja keras beliau seorang diri saja. Banyak orang yang terlibat atas kesuksesan yang beliau raih hingga saat ini. Walaupun saat ini beliau sudah tidak aktif menjabat karena usia yang semakin lanjut, namun pabrik rokok tetap berada di naungannya. Beliau meneruskan bisnis yang dapat dikatakan sebagai bisnis keluarga. Kebanyakan pabrik-pabrik yang berdiri sukses memang di bawah managemen keluarga yang terorganisir dan terstruktur dengan baik. Mulai dari sang ayah, kemudian diturunkan kepada kakak Susilo Wonowidjojo, dan akhirnya jatuhlah jabatan Presiden Direktur ke tangan beliau. Beliau tentu sudah belajar sejak dini mengenai bisnis tersebut sehingga ketika jabatan paling tinggi beliau pegang, beliau pun tidak kaget. Hal tersebut juga beliau buktikan dengan membimbing anak-anak beliau agar ikut sukses dalam hidup. Tidak heran dengan arahan yang luar biasa maka salah satu anak beliau pun tertarik dan ikut terjun dalam dunia bisnis di PT Gudang Garam. Beliau tidak asal menerima orang walaupun itu anak sendiri. Jika tidak memiliki kemampuan yang cakap dalam bisnis tersebut, walaupun orang tersebut adalah anak sendiri namun tetap tidak akan diterima.

BACA JUGA:  10 Bisnis Rumahan Tanpa Modal Dengan Penghasilan Besar

Usia pabrik PT Gudang Garam pun juga tidak dapat dikatakan muda lagi. Berdiri sejak tahun 1958, pabrik rokok tersebut langsung memiliki nama. Kemungkinan karena tangan dingin ayah Susilo Wonowidjojo dalam membangun bisnis, maka ketika pertama kali dikenal oleh masyarakat Indonesia, maka sudah dapat langsung diterima begitu saja. Dan sikap perjuangan sang ayah memang diturunkan dengan baik melalui pendidikan bisnis yang keras. Terbukti Susilo Wonowidjojo semakin mampu mempertahankan dan membawa PT Gudang Garam semakin maju dan meningkat. Tidak puas dengan posisi yang hanya lima besar maka beliau pun juga membuktikan posisi kedua sebagai orang terkaya di Indonesia. Dengan berbagai upaya yang nyata dan ilmu yang diperoleh dari sang ayah, kakak, orang-orang terdekat, maupun informasi yang ada adalah referensi beliau. Semangat, teladan, kerja keras, dan doa Susilo Wonowidjojo memang membuahkan hasil yang nyata. Perjuangan sebagai kisah orang sukses dari sosok Susilo Wonowidjojo memang patut ditiru. Hal-hal positif dari diri beliau dapat menjadi inspirasi kaum muda yang ingin terjun dalam dunia wirausaha. Susilo Wonowidjojo dapat membuka pandangan lebih luas bagi kaum muda yang masih ragu berwirausaha. Bahwa ketika menjalankan suatu bisnis ternyata juga dapat sukses dan bahkan lebih sukses dari apapun. Kunci kesuksesan yang harus dilakukan adalah niat, kerja keras, usaha, dan doa. Sepertinya setiap orang yang sukses selalu menjalankan hal tersebut. Tanpa semua itu atau hanya mengambil salah satu dari itu, mustahil seseorang bisa mencapai kesuksesan.

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose