Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil Dengan Keuntungan Yang Besar

Seperti yang kita ketahui bahwa negara kita memiliki kekayaan kuliner yang cukup tinggi. Keanekaragaman kuliner inilah yang menjadikan peluang usaha kuliner tidak pernah berhenti dari inovasi. Setiap bulan pasti ada jenis kuliner baru hasil inovasi produk lama yang membuatnya tampil lebih menarik. Sebut saja keripik singkong, kentang goreng dan pisang goreng, jenis makanan ini sudah ada sejak dulu kala, namun kini hadir lagi dengan beberapa inovasi yang membuatnya lebih unik dan lebih menarik buat anak muda saat ini. Dan yang tidak kalah menarik adalah usaha kuliner semacam itu sudah dapat dijalankan denga modal kecil.

Berbicara soal peluang usaha kuliner modal kecil sepertinya kita akan berbicara tentang bisnis kuliner yang biasanya dijajakan dipinggir jalan mengingat cara pemasaran seperti ini tidak membutuhkan biaya yang besar sehingga dapat memperkecil modal yang harus disiapkan. Selain dengan menjadi pedagang kaki lima, kita juga dapat memperkecil modal dengan cara menitipkan produk kuliner kita ke beberapa warung yang ada disekitar kita sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat.

Seperti halnya bisnis yang lain, ketika kita berjualan dipingir jalan maka faktor lokasi harus dipertimbangkan dengan baik, usahakan pilih lokasi yang strategis supaya usaha kuliner mudah terlihat dan dijangkau oleh calon pelanggan. Sedangkan ketika kita memilih cara pemasaran dengan system konsinyasi maka usahakan kita hanya titip jual ke warung-warung yang ramai saja karena peluang produk kita habis terjual semakin besar.

Jika anda tertarik ingin menjalankan usahsa kuliner modal kecil, dibawah ini kami sampaikan beberapa peluang usaha kuliner modal kecil yang dapat dijalankan dengan mudah namun mampu memberikan keuntungan yang besar.

usaha kuliner

Usaha Sosis bakar

Peluang usaha kuliner dengan berjualan sosis bakar memang menjadi usaha kuliner yang cukup popular saat ini. Terbukti dapat kita temukan dengan mudah disepanjang jalan yang sering kita lewati, ada yang berjualan secara mandiri tapi ada juga yang bermitra dengan merk waralama sosis bakar yang terkenal. Usaha sosis bakar ini meskipun tingkat persaingannya cukup tinggi, namun prospek kedepannya masih bagus karena konsumen yang jenis makanan ini sanagat banyak. Yang perlu anda lakukan adalah menyajikan sosis bakar dengan kualitas yang bagus dan unik sehingga menarik perhatian calon konsumen.

Untuk memulai usaha sosis bakar ini anda hanya perlu menyediakan alat pemanggang yang sederhana dan meja atau gerobak untuk berjualan. Uang 2 juta saya rasa sudah cukup untuk memulai usaha ini. Sedangkan keuntungan dari usaha ini kurang lebih 30% dari harga jual. Memang keuntunganya tidak besar dari setiap sosis bakar yang terjual, oleh karena itu kuantitas order sangat berpengaruh pada kesuksesan usaha ini. Meskipun keuntungannya hanya seribu rupiah perbiji tapi jika dalam satu hari mampu menjual 100 biji maka keuntungannya menjadi 100 ribu rupiah perhari atau sekitar 3 juta perbulan.

BACA JUGA:  7 Atlet Terkaya Indonesia Berusia di Bawah 30 Tahun

Usaha Bubur kacang hijau

Peluang usaha kuliner modal kecil selanjutnya adalah usaha bubur kacang hijau. Usaha kuliner ini biasanya buka pada pagi hari atau malam hari. Di beberapa daerah malah ada yang buka 24 jam nonstop, untuk yang terakhir ini bisanya selain menjual bubur kacang hijau mereka juga menjual mie instant dan berbagai macam minuman. Sayangnya di kota saya tidak ditemukan bubur kacang hijau yang buka 24 jam non stop.

Untuk memulai usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar, anda hanya perlu menyediakan peralatan untuk memasak dan gerobak untuk berjualan. Cara berjualannya biasanya mangkal di suatu tempat, ada juga yang menjajakan kacang hijau dengan cara berkeliling dari satu perumahan ke perumahan lainnya. Dibandingkan dengan berjualan sosis bakar, keuntungan usaha bubur kacang hijaubisa dibilang lebih besar, hanya saja proses pembuatannya tidak sesimple usaha sosis bakar.

Usaha Roti bakar

Usaha kuliner dengan berjualan roti bakar juga termasuk peluang usaha kuliner modal kecil yang mudah dijalankan. Anda tidak perlu membuat rotinya sendiri karena tinggal mengambil di suplier yang ada di kota anda, jadi cukup mudah dijalankan. Yang perlu anda sediakan adalah peralatan untuk memanggang roti , anda dapat memanfaatkan peralatan dapur yang sudah anda miliki untuk menekan modal awal usaha ini. Selanjutnya anda perlu menyeduiakan gerobak untuk berjualan.

Cara pemasarannya cukup sederhana, anda tinggal mencari lokasi yang strategis dimana banyak orang yang lalu lalang di daerah tersebut. Buatlah gerobak anda tampak menarik untuk mencuri perhatian para pelanggan. Jangan lupa kualitas harus selalu di prioritaskan agar pelanggan tidak kecewa setelah menimati roti bakar buatan anda.

Kuuntungan dari usaha sosis bakar ini kurangvlebih sama dengan keuntungan usaha sosis bakar yaitu sekitar 30% dari harga jual. Tapi karena harga jualnya lebih mahal dari pada sosis bakar maka secara nominal keuntungannya menjadi lebih besar. Anda hanya perlu berusaha meningkatkan pelanggan yang membeli roti bakar anda karena semakin banyak roti bakar yang terjual maka semakin besar pula penghasilan anda dari usaha kuliner ini.

BACA JUGA:  8 Alasan Mengapa Kamu Harus Membayar Pajak!

Berjualan gorengan

Meskipun jenis makanan ini tinggi kolesterol tapi peminat gorengan tidak pernah surut. Bahkan pada saat-saat tertentu seperti ketika datang bulan ramadhan, penjualan gorengan akan mengalami peningkatan yang sangat tajam. Itulah mengapa bisnis berjualan gorengan tidak pernah ada matinya. Dan yang lebih menarik adalah usaha ini ternyata mampu memberikan keuntungan yang sangat fantastis yaitu hingga 100% dari modal yang digunakan. Artinya ketika modal harian yang anda keluarkan sebesar 100 ribu maka anda berpeluang mendapatkan keuntungan 100 ribu juga untuk hari itu, bahkan bisa lebih jika anda mampu menciptakan gorengan yang unik dan menarik.

Usaha minuman jus buah

Salah satu usaha kuliner dibidang minuman yang mudah dijalankan adalah dengan berjualan jus buah. Selain mudah dijalankan, untuk memulai usaha ini anda tidak perlu menyediakan modal yang besar, anda hanya perlu menyediakan perlatan untuk membuat jus yaitu sebuah juice maker atau blender yang harganya tidak lebih dari satu juta rupiah.

Agar usaha minuman jus buah anda dapat sukses seperti yang diinginkan maka kunci utamanyua adalah pada kualitas jus yang anda jual. Umumnya orang ingin mendapatkan keuntungan yang banyak dengan membuat jus yang encer, tapi sebaiknya anda tidak melakukan hal itu karena hanya akan menyebabakan pelanggan tidak lagi membeli jus ditempat anda.

Keuntungan dari usaha jus buah ini juga sangat menarik kurang lebih sekitar 50% dari harga jual. JIka harga jual jus buah paling murah sekitar 5 ribu rupiah maka anda mendapatkan keuntungan Rp. 2.500,- setiap gelasnya. Silakan dikalikan sendiri jika anda mampu mejual seratus gelas atau lebih.

Peluang usaha kuliner modal kecil memang menarik untuk dibahas dan sepertinya tidak akan pernah kehabisan kata-kata untuk mengulas bisnis ini. Jadi jika anda mempunyai ide tentang peluang usaha kuliner yang dapat dijalankan dengan modal kecil dan belum di bahas diatas, silakan berbagi dengan menulisnya di kolom komentar dibawah ini.

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose