Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Para Mahasiswa

Berbicara tentang peluang usaha modal kecil untuk para mahasisawa mengingatkan saya beberapa tahun lalu ketika masih menjadi mahasiswa. Kebetulan waktu itu ada teman yang mengisi waktu luangnya dengan menjalankan usaha kecil-kecilan yaitu berjualan snack yang dititipkan di warung-warung. Memang kelihatannya bisnis sederhana tapi ternyata ia mampu membayar biaya kuliah dari usaha modal kecil yang ia jalankan.

Ada banyak alasan seorang mahasiswa menjalankan usaha sampingan ditengah kesibukannya menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Ada yang sekedar hobi, ada yang ingin menambah uang jajan tapi ada juga yang memang ingin membantu meringankan beban orang tua karena faktor ekonomi. Apapun alasannya sah-sah saja, yang penting tidak mengganggu tugas utamanya sebagai seorang mahasiswa.

peluang-usaha

Jika kebetulan anda seorang mahasiswa yang sedang mencari peluang usaha modal kecil, di bawah ini ada beberapa contoh peluang usaha modal kecil yang cocok dijalankan oleh seorang mahasiswa. Berikut diantaranya :

Berjualan pulsa elektrik

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini yang namanya handphone atau smartphone bukan lagi termasuk barang tersier, tapi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang termasuk seorang mahasiswa. Jika anda jeli melihat peluang ini, maka tidak ada salahnya anda mencoba menjual pulsa elektrik dengan menjadikan teman-teman mahasiswa sebagai target pasarnya.

Keuntungan berjualan pulsa elektrik memang tidak begitu besar, tapi sangat mudah dijalankan sehingga sangat cocok jika dijadikan usaha sampingan. Dalam melayani konsumenpun anda harus menerapkan aturan bisnis secara professional supaya roda bisnis berjualan pulsa elektrik tetap bisa berputar. Tidak sedikit mahasiswa yang berjualan pulsa elektrik akhirnya gulung tikar karena cash flow tidak lancer, banyak mahasiswa yang berhutang, transaksi yang tidak terbayar, jadi usahakan bayar cash baru pulsa dikirim.

Menjadi guru les

Menjadi guru les merupakan pilihan tepat untuk mengisi waktu luang sebagai seorang mahasiswa. Anda dapat bergabung ke beberapa bimbingan belajar untuk menjadi tentor atau memulai bisnis bimbingan belajar sendiri. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, jika anda bergabung ke sebuah bimbingan belajar maka anda tidak perlu susah payah mencari konsumen sendiri, tapi anda harus berbagi fee dengan bimbingan belajar.

Jika anda termasuk orang yang ulet dan rajin sebaiknya cari konsumen sendiri karena anda akan mendapatkan hasil yang lebih bayak daripada menjadi tentor di sebuah tempat bimbingan belajar. Buatlah brosur sederhana lalu sebarkan ke beberapa sekolah yang menjadi target pasar anda, jika perlu buatlah iklan di Koran untuk mendapatkan konsumen yang lebih luas lagi. Jika konsumen anda sudah banyak dan anda tidak punya waktu lagi, ajaklah teman-teman mahasiswa untuk menjadi tentor anda. Jadi, sekarang anda sudah memiliki bisnis bimbingan belajar sendiri.

BACA JUGA:  Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil Dengan Keuntungan Yang Besar

Berjualan online

Peluang usaha modal kecil selanjutnya yang cocok dijalankan seorang mahasiswa adalah dengan berjualan online. Menjual produk secara online tidak membutuhkan modal yang banyak, cukup dengan memanfaatkan smartphone yang sudah anda miliki maka anda sudah dapat berjualan secara online. Lalu, bagaimana dengan stock barangnya? Jika anda memilii modal lebih maka tidak ada salahnya anda membeli beberapa produk untuk dijadikan sebagai stock barang atau sample, tapi jika modal terbatas anda dapat berjualan online dengan sistem dropship. Sistem ini memungkinkan anda menjualkan produk orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu.

Berjualan dengan sistem dropship saat ini sudah banyak dilakukan orang karena bisa dibilang lebih efisien. Tugas kita hanya mencari konsumen saja sedangkan urusan stock, packing dan pengiriman semua suplier yang mengurusnya. Jika anda berniat berjualan online dengan sistem dropship sebaiknya tentukan dulu produk yang akan dijual, lalu pilihlah suplier yang tepat dengan harga yang lebih murah, selanjutnya anda tinggal memaksimalkan pemasaran produk anda.

Usaha kuliner

Tidak ada salahnya seorang mahasiswa menjalankan usaha kuliner karena usaha ini dapat dijalankan siapa saja. Mengapa memilih usaha kuliner? Karena usaha ini termasuk usaha yang tidak ada matinya, produknya selalu dibutuhkan banyak orang. Apalagi seorang mahasiswa biasanya doyan ngemil kan? maka bisnis kuliner ini sangat tepat jika dijalankan di lingkungan mahasiswa. Ada seorang mahasiswa yang sukses dengan warung “wedangan”-nya yang menjual berbagai macam gorengan, makanan kecil, nasi bungkus dan berbagai macam minuman.

Untuk mendirikan sebuah warung makan memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, tapi masih banyak peluang usaha kuliner yang dapat dijalankan dengan modal kecil. Seperti teman saya dulu ketika masih menjadi mahasiswa, ia membeli snack seperti keripik singkong, kacang telor dan lain-lain dengan cara grosir lalu membungkusnya kecil-kecil. Setelah itu ia itipkannya di warung-warung yang ada di sekitar kampus. Modalnya awalnya tidak banyak, hanya 200 ribu saja. Tapi keuntungannya dapat mencukupi biaya hidup dan membayar biaya kuliah hinggu lulus.

Masih ada banyak peluang usaha modal kecil dibidang kuliner, anda hanya perlu berfikir lebih kreatif dan jeli melihat peluang. Jangan buang kesempatan jika ada, langsung take action karena anda tidak akan tahu bagaimana hasilnya sebelum mencoba.

BACA JUGA:  Menemukan Produk untuk Dijual Dalam Peluang Usaha Rumahan yang Menguntungkan

usaha mahasiswa

Menjadi blogger

Jika menulis adalah hobi anda, maka menjadi blogger adalah pilihan tepat untuk dijadikan sebagai usaha sampingan bagi mahasiswa. Peralatan yang dibutuhkan seorang blogger minimal adalah seperangkat komputer atau laptop dan koneksi internet. Sebaiknya anda juga memahami bagaimana cara membuat sebuah website yang baik yang dapat memberikan penghasilan rutin setiap bulannya. Ada banyak artikel di internet yang dapat anda pelajari untuk menjadi seorang blogger, jika anda belum memahami bagaimana menjadi seroabg blogger sebaiknya luangkan waktu untuk mempelajarinya terlebih dahulu.

Mungkin anda bertanya, dari mana penghasilan seorang blogger? Ada banyak cara yang dilakukan seorang blogger untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang ia miliki seperti menyediakan space untuk iklan, menjual barang, menjalankan bisnis afiliasi dan beberapa bisnis online lainnya. Namun cara yang paling banyak dilakukan blogger adalah dengan menjadi publisher pada program-program periklanan seperti google adsense. Blogger akan mendapatkan penghasilan dari setiap iklan yang tampil pada blog yang ia miliki.

Menjadi penulis lepas

Selain menjadi blogger, jika anda hobi menulis anda dapat menjadi seorang penulis lepas. Anda dapat membuat sebuah artikel yang menarik lalu mengirimnya ke majalah, tabloid atau koran harian. Anda akan mendapatkan penghasilan jika artikel anda berhasil dimuat. Dan jika anda beruntung, mungkin anda akan ditawari menjadi penulis tetap pada majalah atau tabloid tersebut.

Selain itu anda juga dapat menawarkan jasa penulisan artikel. Jasa penulisan artikel ini sering dibutuhkan oleh perusahaan maupun personal yang memiliki website untuk meng-update artikel pada website yang mereka miliki.

Nah, itulah beberapa contoh peluang usaha modal kecil untuk para mahasiswa yang semoga dapat menjadi inspirasi buat kita semua. Saya yakin anda punya ide yang lebih bagus daripada beberapa contoh peluang usaha di atas. Silakan berbagi dengan kami dengan menulisnya di kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose