Peluang Usaha Yang Omsetnya Dapat Ditingkatkan Dengan Sistem Konsinyasi

Konsinyasi atau titip jual merupakan salah satu cara pemasaran produk, khususnya buat anda yang tidak memiliki toko sendiri. Caranya adalah dengan menitipkan produk anda untuk dijual di toko milik orang lain, status kepemilikan produk tetap milik anda sampai produk tersebut laku terjual. Memang ada fee atau bagi hasil yang harus anda berikan ke pemilik toko, umumnya sekitar 20% dari harga jual sebagai ucapan terimakasih karena bersedia menjualkan produk anda.

Berjualan dengan sistem konsinyasi ini merupakan pilihan yang tepat untuk meledakkan omset penjualan anda. Karena jika ada berjualan di toko yang anda miliki sendiri maka omsetnya akan terbatas. Lain halnya ketika anda menerapkan sistem konsinyasi ini, maka anda berpeluang melipatgandakan omset sebanyak toko yang anda ajak kerjasama dengan sistem ini. Tidak menutup kemungkinan anda dapat menitipkan produk anda ke seratus toko di daerah anda bahkan bisa lebih. Semakin banyak toko yang bersedia bekerjasama dengan anda maka semakin besar pula omset penjualan yang akan anda dapatkan.

ide bisnis

Sebenarnya semua produk dapat dipasarkan dengan sistem konsinyasi, bahkan di beberapa toko modern menerapkan sistem ini ke semua suplier yang mereka miliki. Jadi pihak toko hanya menyediakan tempat saja, sedangkan produk yang dijual semuanya titipan dari suplier. Toko hanya membayar produk yang terjual saja setelah dikurangi fee atau bagi hasil yang menjadi hak mereka. Namun disini saya akan memberikan contoh produk yang sederhana dari peluang usaha yang ada disekitar kita yang omsetnya dapat ditingkatkan dengan cara ini, berikut diantaranya.

Usaha donat kentang

Peluang usaha berjualan donat kentang merupakan usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Selain mudah dalam pembuatannya, keuntungan dari donat kentang ini cukup besar. Mungkin anda bertanya, mengapa harus donat kentang? Sebagai pemula dalam bisnis ini, pembuatan donat kentang lebih mudah dibandingkan dengan donat yang dibuat dari tepung terigu murni. Donat yang dibuat dari tepung kentang teksturnya lebih halus dan lebih padat sehingga konsumen lebih suka dengan donat yang berbahan dasar dari tepung kentang.

Kembali pada pembicaraan kita tentang peluang usaha yang omsetnya dapat ditingkatkan dengan sistem konsinyasi. Coba bayangkan ketika anda punya toko sendiri untuk berjualan donat, kira-kira berapa donat yang mampu anda jual? Mampukah toko anda menjual 100 donat perhari? Bagaimana jika 500 donat perhari? Sepertinya mustahil apalagi jika toko anda tidak berada di tempat yang strategis. Namun lain halnya ketika anda memasarkan donat dengan cara konsinyasi. Jika satu toko mampu menjual donat 10 buah setiap hari maka untuk mengejar target penjualan 100 buah donat maka anda harus melakukan kerjasama ke 10 toko di sekitar anda. Saya raya untuk mendapatkan 10 toko yang mau diajak kerjasama dengan sistem konsinyasi bukan hal yang sulit.

BACA JUGA:  Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Para Mahasiswa

Berjualan kue atau jajanan pasar

Selain donat kentang, anda juga dapat meningkatkan penjualan kue atau jajanan pasar dengan sistem konsinyasi ini. Mengingat jajanan pasar biasanya tidak bertahan lama maka sangat riskan membuat jajanan pasar dengan jumlah yang banyak dan dijual di satu toko saja. Jika tidak terjual otomatis akan dibuang karena sudah basi dan anda akan mengalami kerugian.

Jika anda menerapkan sistem konsinyasi ini, maka anda tidak perlu khawatir lagi memproduksi jajanan pasar dalam jumlah yang banyak karena anda dapat menitipkannya ke beberapa warung yang ada di sekitar rumah anda. Kalau di tempat saya, setiap pagi hari ada banyak penjual jajanan pasar yang berjualan di pinggir jalan ditempat-tempat yang startegis. Jika di kota anda juga ada, maka anda dapat menitipkan jajanan pasar ke mereka dengan memberikan bagi hasil dari setiap jajanan pasar yang terjual.

Ketika pertama kali menitipkan jajanan pasar sebaiknya jangan terlalu banyak, sedikit saja sambil mengetes pasar apakah penjualannya bagus apa tidak, jika bagus anda dapat meningkatkannya secara bertahap. Apalagi jika jajanan pasar yang anda buat hanya dapat bertahan satu hari cukup 5 atau 10 buah saja yang penting habis terjual.

Bisnis repacking snack

Salah satu peluang usaha yang omsetnya dapat ditingkatkan dengan sistem konsinyasi selanjutnya adalah bisnis repacking snack. Mungkin anda bertanya apa yang dimaksud bisnis repacking snack itu? Repacking snack artinya anda membungkus kembali snack yang anda beli secara grosir yang biasanya dalam bentuk curah atau kiloan ke dalam kemasan yang lebih kecil untuk dijual secar eceran.

Keuntungan bisnis repacking snack ini sangat menggiurkan karena dapat menyentuh andka 100% dari modal yang anda gunakan. Katakanlah anda membeli snack berupa kacang polong telur yang harganya sekitar 80 ribu per lima kilogram. Lalu membungkusnya menjadi 100 bungkus kecil-kecil dan menjualnya dengan harga Rp. 1.500,- per bungkus. Artinya, jika semuanya laku terjual maka anda akan mendaptkan uang 150 ribu rupiah.

BACA JUGA:  Peluang Usaha Kuliner Modal Kecil Dengan Keuntungan Yang Besar

Salah satu cara pemasaran yang efektif untuk peluang usaha repacking snack ini adalah dengan cara konsinyasi ke beberapa warung yang ada disekita kita. Jika anda serius menjalankan usaha ini maka tidak menutup kemungkionan anda akan menitipkan produk anda sampai luar kota untuk mendapatkan omset yang lebih banyak lagi. Katakanlah satu toko dapat menjual 5 bungkus saja, maka dengan memiliki 100 toko anda dapat menjual 500 bungkus snack setiap harinya. Penjualan yang sangat fantastis untuk peluang usaha modal kecil sepeti ini.

Bisnis mainan anak seribuan

Pernah lihat mainan seribuan? Biasanya ditoko didekat rumah ada satu renteng mainan yang dijual dengan harga seribu rupiah. Nah, usaha seperti ini jelas tidak mungkin dijalankan hanya dengan memiliki satu toko, selain keuntungan dari setiap mainan yang terjual sangat sedikit, untuk menjual 10 mainan perhari saja rasanya sangat sulit. Oleh karena itu jalan satu-satunya adalah dengan melakukan sistem konsinyasi ke beberapa toko.

Kebetulan didekat rumah saya ada pengusaha yang menjual mainan seribuan. Aktifitas usaha yang ada di rumahnya hanya proses pengepakan mainan saja, tidak memiliki toko sama sekali. Tapi jangan heran ketika berbicara soal omset, paling tidak dalam satu hari ia mampu menjual setidaknyat 1.500 mainan yang dititipkan di toko-toko. Jika harga pokok satu mainan seribuan adalah 800 rupiah maka omsetnya Rp. 1.200.000,- perhari atau sekitar 36 juta setiap bulan.

Dari beberapa pemaparan peluang usaha di atas ternyata sistem konsinyasi dapat meningkatkan omset penjualan secara drastis. Ibaratnya, jika satu toko dapat menjual 10 biji maka dengan memiliki 100 toko omsetnya akan berlipat 100 kali dan begitu seterusnya. Sistem ini dapat menjadi solusi yang tepat bagi anda yang ingin menjual sebuah produk tapi tidak memiliki toko sediri. Mungkin anda punya pendapat lain dari sistem konsinyasi ini, silakan tulis di kolom komentar dibawah ini dan mari kita diskusikan bersama.

You may also like...

Artikel Menarik Lainnyaclose