Profil Amancio Ortega Gaona - Orang Terkaya Spanyol


Amancio Ortega Gaona adalah seorang pengusaha asal Spanyol yang bergerak di bidang fashion. Beliau lahir di Busdongo de Arbas pada tanggal 28 Maret 1936. Ia merupakan orang terkaya di dunia urutan ke 5 versi majalah Forbes pada tahun 2012. Beliau juga merupakan orang terkaya di eropa nomor 2 setelah Bernard Arnault yang juga merupakan pengusaha di bidang fashion. Amancio Ortega adalah pemilik sekaligus pendiri dari perusahaan Inditex.

Keluarga

Amancio Ortega dilahirkan dari keluarga yang tergolong kurang mampu. Ayahnya bekerja sebagai pekerja kereta api. Beliau pindah ke A Coruna di Spanyol pada umurnya yang ke 14. Ini dikarenakan tugas ayahnya yang saat itu harus ke A Coruna. Sedangkan ibunya merupakan pembantu rumah tangga. Beliau bahkan harus keluar dari SMA karena orang tuanya tidak mampu lagi untuk membayar uang sekolahnya.

Namun keluar dari SMA tidak membuat Amancio menjadi patah semangat. Selepas dari drop out SMA, dia bekerja di industri tekstil Iberia di La Coruna. Inilah awal mula ketertarikannya dengan dunia fashion. Namun beliau hanya sebentar pada saat bekerja di industry tersebut dan pindah ke rumah jahitan. Ia berprofesi sebagai pengantar pakaian. Namun lama kelamaan profesinya naik menjadi asisten penjahit. Ini dikarenakan ketekunannya dalam bekerja dan kerja kerasnya sehingga ia dipercaya oleh pemilik rumah jahit.

Ia menikah sebanyak 2 kali. Beliau mendirikan sebuah konveksi bernama Confecciones Goa bersama dengan istri keduanya yang bernama Rosalia Mera. Konveksi inilah yang merupakan awal dari berkembangnya perusahaan Amancio Ortega.

Bisnis dan Perusahaan

Amancio mendirikan Confecciones Goa pada tahun 1963 bersama dengan istri keduanya. Ia mempunyai strategi dalam mendirikan bisnisnya tersebut. Ia lebih mementingkan permintaan dari pasar dan pelayanan yang maksimal. Ini didapat dari pengalamannya bekerja di rumah jahit bahwa kepuasan pelanggan adalah yang nomor satu.

Ia bahkan menugaskan kepada lebih dari 200 desainernya untuk keliling dunia agar bisa melihat perkembangan tren fashion di Negara-negara yang lainnya. Inilah yang menyebabkan perusahaannya bergerak lebih maju daripada perusahaan yang lainnya karena ia bisa mengetahui lebih cepat perkembangan fashion daripada perusahaan yang lain.

Zara adalah perusahaan yang sudah membuka cabang di banyak Negara. Pelayanan kepada konsumen sangat menarik. Dalam satu gerai akan terdapat sampai 5 kamar pas dan setiap konsumen bisa membawa 6 potong baju sekaligus.

Ortega memiliki saham grup Inditex sebesar 59,69 % dan selain itu, ia juga memiliki beberapa merek terkenal seperti Massimo Dutti, OyshoZara HomeKiddy’s ClassTempeStradivariusPull, dan Bear /Often. Selain sebagai pengusaha di bidang fashion, ternyata Amancio Ortega juga merupakan seorang investor. Ia berinvestasi pada bidang perminyakan, perbankan, pariwisata, dan real estate.

Harta dan Kekayaan

Berkat usahanya dalam mengembangkan perusahaan di bidang fashion, Amancio Ortega bisa menjadi deretan orang terkaya di dunia versi Forbes. Ia merupakan orang terkaya di Eropa nomor 2 setelah Bernard Arnault. Bahkan pada tahun 2005 omset Zara mencapai 8,7 milyar dollar AS. Bahkan menjelang akhir tahun 2012 kekayaannya mencapai 37,5 milyar dollar AS. Ini membuat Ortega menjadi deretan orang terkaya nomor 5 menurut Forbes. Sedangkan di Spanyol sendiri, dia merupakan orang paling kaya di Spanyol. Mungkin ini adalah buah manis usaha kerasnya selama ini karena tekun dan tidak mudah menyerah atas apa yang terjadi.

Demikian biografi singkat Amancio Ortega Gaona yang sukses menjadi orang terkaya kelima dunia pada tahun 2012 walaupun tidak sempat menamatkan bangku SMA.

Kembali ke atas