Profil Boenjamin Setiawan - Pendiri PT Kalbe Farma Tbk


Boenjamin Setiawan adalah sosok yang patut diacungi jempol. Dedikasinya sangat tinggi untuk kemajuan industri farmasi di Indonesia. Beliau merupakan pendiri dan Komisaris Utama dari PT Kalbe Farma Tbk. Pasti Anda sudah mengenal produk yang sudah diproduksi oleh perusahaan tersebut. PT Kalbe Farma Tbk memang sudah banyak memproduksi obat-obatan dan sudah tersebar luas di Indonesia.

Latar Belakang

Latar belakang dari Boenjamin Setiawan adalah seorang yang memiliki predikat yang baik dalam bidang akademis khususnya dalam bidang farmakologi dan farmakinetik. Keluarga Boenjamin Setiawan juga sangat mendukung beliau dalam membangun usaha dalam bidang farmasi.

Pendidikan

Boenjamin Setiawan sebelum menjalankan bisnisnya dalam bidang farmasi, beliau merupakan lulusan dari Universitas Indonesia. Boenjamin Setiawan meraih gelar dokter di Universitas Indonesia, kemudian melanjutkan studinya di University of California dan berhasil meraih gelar Ph.D di bidang farmakologi. Beliau juga sampat menjadi dosen selama beberapa tahun, namun akhirnya dirinya memilih untuk terjun di dunia bisnis farmasi.

Bisnis

Setelah menyelesaikan studinya di University of California, Boenjamin Setiawan akhirnya memilih untuk menjalani bisnis di dunia farmasi. Pada tahun 1966 Boenjamin Setiawan resmi mendirikan Grup Kalbe. Tepatnya pada tanggal 10 September 1966 Kalbe Group resmi berdiri. Sebenarnya Boenjamin Setiawan tidak sendiri dalam mendirikan perusahaan yang saat ini menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Ia dibantu oleh 5 saudaranya dalam membangun usaha ini. Saudara dari beliau yang membantunya antara lain adalah: Khouw Lip Tjoen, Khouw Lip Hiang, Khouw Lip Swan, Maria Karmila, dan F. Bing Aryanto.

Pria yang akrab disapa Dr. Boen ini membangun usaha farmasi dengan penuh dedikasi sehingga membawa hasil yang memuaskan. Ia sangat paham bagaimana caranya untuk membuat obat dengan dosis yang pas namun dengan harga yang terjangkau. Selain itu, beliau juga mengerti dengan perkembangan di dunia farmasi global. Hal ini membuat Boenjamin Setiawan menjadi seorang pria yang matang dalam urusan farmasi dan yang paling penting adalah dia langsung terjun dalam mengembangkan jenis obat-obatan dan makanan kesehatan di perusahaannya yaitu PT Kalbe Farma Tbk.

Ia berani mengambil langkah besar dalam membangun bisnis di dunia farmasi Indonesia. Ia tak tanggung-tanggung dalam membangun dan merawat perusahaannya tersebut. Ia menggabungkan 3 perusahaannya untuk memperkuat posisinya di dunia farmasi Indonesia. Ketiga perusahaan tersebut adalah Kalbe Farma, Dankos Laboratories, dan PT Enseval Putra Megatrading yang merupakan perusahaan distribusinya. Hal tersebut beliau lakukan untuk menjadikan produksinya menjadi lebih efisien dan tentunya memperbesar pasar. Tak hanya itu, Boenjamin Setiawan juga membangun perusahaan baru yang bergerak dalam bidang riset dan pengembangan yaitu PT Innogene Kabiotect Pte. Ltd dan juga bekerja sama dengan Morinaga dalam mendirikan perusahaan susu dengan investasi mencapai 500 miliar rupiah.

Kekayaaan

Keberhasilannya dalam membangun bisnis di bidang farmasi membuat Boenjamin menjadi deretan orang kaya di Indonesia. Majalah Forbes pada tahun 2011 lalu menafsirkan harta kekayaan Boenjamin Setiawan mencapai 2 milliar dollar Amerika Serikat. Perusahaannya juga semakin berkembang dan menghasilkan produk yang berkualitas dan disukai masyarakat Indonesia. Beberapa produk yang sudah beredar di Indonesia antara lain adalah Promag, Mixagrip, Woods, Komix, Extra Joss, dan Prenagen. Tentu saja omset dari perusahaan ini sangat besar. Bahkan saat ini Kalbe adalah salah satu perusahaan farmasi yang terbesar di Asia Tenggara dan sahamnya mencapai lebih dari 1 milliar dollar dengan penjualan lebih dari 7 triliun rupiah. Demikian biografi singkat Boenjamin Setiawan.

Kembali ke atas