Carlos Slim Helu - Taipan Terkaya Dunia dari Meksiko


Carlos Slim Helu adalah seorang yang menggeluti bidang bisnis dan filantropis dan sekaligus pemilik dari perusahaan telekomunikasi Telefonos de Mexico. Beliau lahir pada 28 Januari 1940 di Libanon. Bos perusahaan Telefonos de Mexico dan America Movil ini dinobatkan ke dalam deretan orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Pada tahun 2011 yang lalu, Carlos Slim Helu menjadi orang terkaya di dunia dengan kekayaan berkisar antara 74 triliun US dollar.

Keluarga

Carlos lahir dari keluarga Kristen yaitu Maronite Julian Slim Haddan dan Linda Helu. Orang tuanya menikah pada Agustus 1926 dan melahirkan Carlos pada 1940. Ayahnya asli keturunan dari Libanon, namun ia pindah ke Meksiko karena menghindar dari pemerintahan yang sangat keras pada masa itu. Sedangka ibunya juga seorang yang berkebangsaan Libanon yang juga lari ke Meksiko. Julian Slim dan Linda Helu menikah dan dikaruniai 6 orang anak. Sedangkan Carlos sendiri merupakan anak yang terakhir atau anak bungsu mereka.

Carlos Slim Helu adalah lulusan dari Universidad Nacional Autonoma de Mexico jurusan teknik. Beliau kemudian menikah dengan Soumaya Domit pada tahun 1967 dan dikaruinai 3 orang anak. Ketiga anaknya tersebut ikut bertanggungjawab terhadap keberlangsungan perusahaan yang dipimpinnya.

Bisnis dan Perusahaan

Carlos Slim Helu adalah orang yang menggeluti bidang bisnis di Meksiko. Beliau adalah wakil presiden komisaris di Mexican Stock Exchange dan merupakan presiden komisaris dari perusahaan Mexican Association of Brokerage Houses. Pada tahun 2000, Carlos Slim Helu membuat perusahaan dengan nama Fundacion del Centro Historico de la Ciudad de Mexico A.C atau dengan nama lain adalah Mexico City Historic Downtown Foundation. Perusahaan ini mempunyai tujuan yaitu menyelamatkan pusat kota Meksiko dan menyelamatkan orang yang kurang beruntung agar mempunyai kualitas hidup yang lebih baik dari hari sebelumnya. Perusahaan ini juga menyediakan akses hiburan di kota tersebut.

Selain mempunyai perusahaan Mexico City Historic Downtown Foundation, Carlos juga mendirikan sebuah proyek bernama Latin America Development Fund. Bahkan proyek ini mempunyai dana sebesar 10 Milyar dollar di tahun 2012.

Carlos memang sangat terkenal sebagai tokoh industri telekomunikasi yang paling berpengaruh di Amerika Latin. Ia menjadi kepala dari 3 perusahaan besar di Amerika Latin yaitu telefonos de Mexico (Telmex), Telcel dan America Movil. Anaknya yaitu bernama Carlos Slim Domit, Marco Antonio Slim Domit, dan Patrick Slim Domit adalah pemimpin perusahaan yang juga bertanggungjawab atas perkembangan perusahaan. Carlos memang melibatkan ketiga anaknya untuk ikut mengurusi perusahaannya.

Berkat ketiga anak Carlos, perusahaan yang dimiliki Carlos menjadi perusahaan yang besar dan sangat berpengaruh di Amerika Latin. Carlos pernah menjabat sebagai presiden pertama perusahaan New York Stock Exchange Administration Council pada tahun 1996 sampai dengan 1998. Beliau juga merupakan sosok dibalik berkembangnya keuangan di Meksiko. Pada umur yang ke 28, Carlos dinobatkan sebagai pengusaha terbaik di Meksiko dan ini merupakan penghargaan yang luar biasa.

Kekayaan

Berkat usahanya di bidang wirausaha, kini Carlos menjadi orang terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan kekayaan mencapai 72 Miliar Dollar Amerika. Ini bukan hanya menjadikan Carlos menjadi orang terkaya di dunia, ia bahkan mengalahkan kekayaan dari Bill Gates. Pada tahun 2010, kekayaannya hanya mencapai 60 juta US dollar. Namun kekayaannya meningkat tajam dan ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

Demikian profil atau biografi singkat Carlos Slim Helu. Bagikan ke teman-teman Anda untuk berbagi inspirasi.

Kembali ke atas