Profil Eddy William Katuari – Orang di Balik Wings Group

Eddy William Katuari adalah pemimpin dari perusahaan Wings yang mungkin bagi masyarakat Indonesia perusahaan tersebut sudah sangat akrab di telinga. Wings merupakan sebuah perusahaan yang bermula dari perusahaan kecil-kecilan yang bergerak dalam bidang kebersihan. Barang yang ditawarkan pada saat perusahaan tersebut berdiri adalah sabun mandi batangan. Namun seiring berkembangnya jaman, perusahaan ini semakin maju dan mulai mengenal sabun dengan bahan kimia.

Perusahaan Wings pertama kali didirikan oleh Johannes Ferdinand Katuari dan Harjo Sutanto dan berawal dari industri rumahan. Kini Wings sudah menjadi perusahaan yang sangat berpengaruh di Indonesia dan bukan hanya sabun saja yang ditawarkan oleh perusahaan ini, namun juga bahan makanan, alat kebersihan, minuman, dan masih banyak yang lainnya. Eddy William Katuari merupakan pemimpin perusahaan Wings yang terbaru. Perusahaan Wings ini sudah mulai berkembang di sektor kelapa sawit, real estate, bahkan hingga ke Bank.

Keluarga

Eddy William Katuari adalah anak dari pendiri perusahaan Wings yaitu Johannes Ferdinand Katuari yang kini sudah semakin senja. Eddy dalam mengurus bisnisnya tersebut juga dibantu oleh anak dari Harjo Sutanto yang juga merupakan pendiri Wings Group. Eddy bersama saudaranya berada di puncak kepemimpinan yaitu Teddy Jeffrey Katuari dan Freddy Ignatius Katuari. Sementara itu Finney Henry Katuari lebih memilih untuk berada di operasionalisasi perusahaan. Untuk anak dari Harjo Sutanto yaitu Fifi Sutanto juga menjabat sebagai pemimpin perusahaan setara dengan Eddy William Katuari. Untuk bisa mengembangkan bisnisnya, bahkan Fifi sampai mencari ilmu tentang parfum ke Perancis.

Anak dari Eddy William Katuari yaitu bernama Grace L Katuari menikah dengan Martin B Hartono yang merupakan generasi ketiga dari perusahaan Djarum. Hal ini membuat perusahaan Wings semakin berdiri kokoh. Pernah pada saat mendirikan Pulogadung Trade Center dan Grand Indonesia, kedua perusahaan besar tersebut bekerjasama dan menghasilkan karya yang luar biasa.

Bisnis

Eddy William Katuari dalam membangun perusahaan yang diwariskannya ini membuahkan hasil yang cukup bagus. Wings Group berhasil menjadi perusahaan consumer di Indonesia yang hampir menyaingi perusahaan multinasional yaitu PT Unilever Indonesia. Ini merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan bagi Wings dan Eddy William Katuari dan saudaranya yang lain.

Produk yang dihasilkan oleh perusahaan Wings ini sudah diekspor hingga ke Negara di Afrika. Produk yang paling mereka andalkan adalah produk sabun seperti So Klin, Daia, Giv, dan Nuvo yang bisa ditemukan di negara-negara Afrika dan Asia Tenggara.

Perusahaan Wings ini mungkin belum pernah mengalami kemunduran yang sangat drastis. Kebanyakan perusahaan di Indonesia mengalami kemerosotan pada tahun 1997 sampai dengan tahun 1998 dikarenakan terjadi krisis ekonomi. Penyebab dari kemunduran atau bahkan kebangkrutan perusahaan tersebut adalah dikarenakan hutang. Namun perusahaan Wings tidak memiliki hutang sehingga bisa bertahan di saat terjadi krisis ekonomi.

Kekayaan

Keberhasilan Eddy William dan saudaranya dalam membangun perusahaan Wings membuat beliau menjadi bagian deretan orang kaya di Indonesia. Pada tahun 2008 yang lalu, Globe Asia memprediksikan kekayaan Eddy William Katuari mencapai 1,21 milyar dollar Amerika Serikat dan berada di urutan ke-8 orang terkaya di Indonesia. Pada tahun 2010 yang lalu, majalah Forbes mengumumkan daftar orang terkaya di Indonesia dan posisi Eddy William Katuari berada di posisi ke-12. Sedangkan pada tahun 2011 posisi beliau turun menjadi ke posisi 21 versi majalah Forbes. Ini dikarenakan banyak pendatang baru yang juga sukses dalam membangun bisnis di Indonesia. Demikian biografi singkat dari Eddy William Katuari.