Profil Garibaldi Thohir, Orang di Balik Kesukesan Adaro Energy


Dalam daftar orang terkaya dunia yang dirilis oleh majalah Forbes pada bulan Maret 2012, nama pengusaha asal Indonesia Garibaldi Thohir menjadi salah satunya. Garibaldi Thohir berhasil menduduki posisi 1015 dunia atau orang terkaya ke-15 di Indonesia dengan total kekayaan mencapai 1,2 Miliar dolar Amerika. Bersama bos MNC Group, Harry Tanoesoedibjo, Garibaldi Thohir menjadi dua pengusaha muda yang termasuk ke dalam daftar orang terkaya dunia asal Indonesia versi Forbes tahun 2012 ini.

Saat ini Garibaldi Thohir menjabat sebagai Presiden Direktur Adaro Energy, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan terutama pengelolaan batu bara di Indonesia. Lahir 47 tahun lalu di Jakarta dari keluarga pengusaha, Garibaldi Thohir memiliki panggilan kecil Boy sehingga orang terkadang menyebutnya sebagai boy garibaldi thohir. Ayahnya, Teddy Thohir, adalah seorang pengusaha dengan berbagai macam bisnis dan ini diturunkan pada Garibaldi dan saudaranya, Erick Thohir. Keluarga memang pendukung karier suksesnya terutama sang istri, Alinda Thohir dan ketiga anaknya.

Karir sukses Garibaldi Thohir sendiri dimulai pada tahun 1992 ketika bergabung dengan PT Allied Indocoal, perusahaan batu bara yang berbasis di Sumatera Barat setelah menyelesaikan pendidikannya di Northrop University, Amerika Serikat, dan meraih gelar MBA. Tahun 1997 disebut sebagai loncatan penting bagi kesuksesan Garibaldi Thohir karena pada tahun ini dia berhasil mengambil alih PT WOM Finance, perusahaan kredit yang berafiliasi dengan Honda Motor.

Garibaldi Thohir selanjuntnya membawa WOM Finance tersebut ke dalam daftar perusahaan finance terbaik di Indonesia dan hingga hari ini dia masih menjabat sebagai Komisaris perusahaan meskipun ia juga menduduki posisi Presiden Direktur di Adaro Energy. Kesuksesan Garibaldi Thohir dengan Adaro Energy sendiri berawal pada tahun 2005 ketika ia bersama temannya, Presiden Direktur PT Astra International, Theodore P. Rachmat, membeli 49% saham perusahaan batu bara tersebut dan perlahan, Garibaldi Thohir mulai menduduki posisi penting di Adaro Energy. Berbagai langkah sukses berhasil diraih Garibaldi Thohir bersama dengan Adaro Energy seperti kebehasilannya menguasai 30% pasar batu bara di Indonesia.

Di bawah kepemimpinan Garibaldi, Adaro Energy bukan hanya berhasil meraih keuntungan besar dalam bisnis batu bara tetapi juga memiliki image tersendiri dengan brand Envirocoal karena batu bara yang dihasilkan merupakan jenis batu bara yang ramah lingkungan. Seorang boy garibaldi thohir yang mengawali kesuksesannya dari sebuah mimpi yang disertai dengan kerja keras saat ini telah berhasil menempatkan dirinya tidak hanya di dalam daftar orang terkaya Indonesia tetapi juga sebagai salah satu pebisnis paling berpengaruh di Asia.

Melihat kilas balik kehidupan Garibaldi Thohir, rasanya seperti tidak ada batu ganjalan di dalam meraih kesuksesan. Hal ini tentu saja tidak benar karena Garibaldi Thohir pernah mengalami masa-masa sulit ketika krisis moneter melanda Indonesia pada tahun 1998 dan membuat WOM Finance miliknya ikut terguncang. Akan tetapi dengan kerja keras dan keuletan serta semangat pantang menyerah yang dimilikinya, Garibaldi Thohir berhasil membawa perusahaan yang dipimpinnya tersebut bangkit dan bahkan dia berhasil meraih kesuksesan yang lebih besar lagi bersama Adaro Energy.

Kembali ke atas