Profil Samin Tan – Tokoh Bisnis Tambang dan Batubara Indonesia

Samin Tan, orang Indonesia yang berhasil mencapai posisi chairman di Bumi Plc, London, sebuah pertambangan raksasa di Indonesia.


Samin Tan adalah seorang pria berkewarganegaraan Indonesia yang terlahir di Teluk Pinang, Riau pada Jumat 3 April 1964. Ia merupakan seorang pria yang ambisius dalam menjalankan bisnis dan perusahaan, sehingga tak heran jika kini ia telah berhasil mendapatkan apa yang diinginkannya meskipun ia tidak menyelesaikan kuliahnya. Pada tahun 1985, sebenarnya Samin Tantelah menjadi mahasiswa di Universitas Tarumanegara dengan jurusan ekonomi akutansi, meskipun akhirnya tidak berhasil meraih gelar sarjana. Namun, siapa sangka di tahun 2003,Samin Tanjustru berhasil menjabat sebagai komisaris perseroan dan juga sebagai Presiden Direktur di banyak perusahaan terkemuka.

Bukan hanya itu; Samin Tan juga berhasil menjadi salah satu laki-laki terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Kala itu ia menempati urutan nomor 40 di tahun 2011. Namun, tidak lama kemudian, Samin Tan telah berhasil mengalahkan kekayaan Sandiaga Uno dan Aburizal Bakrie dan menduduki peringkat ke 28. Walaupun pada daftar 40 orang terkaya di Indonesia tahun 2012 Samin Tan tidak berhasil menembus list 40 orang terkaya versi Forbes namun ia tetap salah satu pengusaha paling diperhitungkan di Indonesia bahkan Asia.

Bisnis dan perusahaan

Mengenai bisnis dan kariernya, Samin Tan mengawali usahanya sebagai mitra KPMG Hanadi Sudjendro dan rekan di tahun 1987 hingga 1998. Kemudian kemitraan tersebut terus berlanjut sampai pada Deloitte Touche di tahun 1998 hingga 2002.

Sementara itu di tahun 2007, Samin Tan telah berhasil memiliki PT. Borneo Lumbung Energi dan Metal Tbk, dan terus melebarkan sayapnya sebagai pengusaha yang sukses di bidang pertambangan dan batubara. Hingga akhirnya ia berhasil merasakan kejayaannya dengan mencapai posisi Chairman di Bumi Plc di London, sebuah pertambangan raksasa di Indonesia yang tercatat di London Stock Exchange. Di masa-masa keemasan itulah Samin Tan berhasil memiliki US$ 940 juta.

Yang cukup mencengangkan dari sosok pengusaha ini adalah, selain dikaruniai banyak materi dan kekayaan, Samin Tanternyata juga berhati mulia. Karena di saat bersamaan, ketika Bakrie terlilit hutang, ternyata iajuga ikut turut serta membantu Bakrie untuk melunasi hutangnya, dengan membeli 50% saham Bumi Plc pada Bursa London. Sekarang, Samin Tan memiliki investasi pada Renaissance Capital Asia sejak tahun 2002.

Samin Tan adalah sosok yang begitu ambisius. Hal itu terlihat dari cara ia menjalankan bisnisnya dan mendapat banyak prestasi  yang menjadi haknya hingga kini. Ia mengungkapkan bahwa ia ingin meyakinkan seluruh pemegang saham (stake holder) di BUMI agar bekerja tanpa kenal lelah untuk memenuhi pencapaian tujuan utama perseroan. Perubahan manajemen Bumi Plc dari pemimpin sebelumnya, Nathaniel Rothschild, kepada Samin diharapkan bisa meningkatkan kinerja perusahaan raksasa tersebut. Samin Tan optimistis perubahan ini mampu menghantarkan BUMI mencapai tujuan sebagai penghasil batu bara termal kelas dunia yang utama. Meski per Januari 2013 ia memutuskan untuk turun dari jabatan Ketua Dewan Bumi Plc, namun pengaruhnya masih besar di dunia bisnis tambang dan batu bara tanah air.

Demikian profil atau biografi singkat Samin Tan, tokoh bisnis tambang dan batu bara Indonesia.

Kembali ke atas