Profil Stefan Persson – Orang Terkaya Swedia

Stefan Persson mempunyai nama lengkap Carl Stefan Erling Persson. Beliau adalah ketua dan merupakan mantan CEO dari sebuah perusahaan fashion yang terbesar di Swedia yang bernama Hennes & Mauritz. Perusahaan ini kemudian sering disebut dengan nama H & M. perusahaan H & M ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang fashion dan menjadi perusahaan ritel pakaian terbesar di Eropa. Penjualan produk dari perusahaan tersebut bahkan bisa mencapai 16 Miliar dollar.

Keluarga

Stefan Persson terlahir dari sebuah keluarga yang mempunyai mental bisnis. Perusahaan Hennes & Mauritz sebenarnya didirikan pertama kali oleh ayahnya yang bernama Erling Persson. Pada saat didirikan, toko ini bernama Hennes yang beralamat di Vasteras. Namun pada tahun 1974, perusahaan ini membeli pengecer pakaian yang bernama Mauritz. Inilah awal mula Hennnes & Mauritz berdiri. Usaha ayahnya itu kemudian dikembangkan oleh Stefan pada tahun 1982 perusahaan tersebut berhasil memimpin pertumbuhan eksponensial internasional dan menjadikan perusahaan ini menjadi perusahaan ritel pakaian terbesar di Eropa. Stefan Persson awalnya kuliah di University of Stockholm dan tinggal di Stockholm. Ia menikahi seorang wanita bernama Carolyn Denise Persson dan dikaruniai 3 orang anak. Anaknya yang bernamaKarl Johan Persson turut serta membantu dalam perusahaannya dan pada tahun 2009, Karl berhasil menjabat sebagai presiden dan chief executife di perusahaan H & M.

Bisnis dan Perusahaan

Perusahaan yang dibangun pada tahun 1947 ini memang sudah menjadi perusahaan besar dan berkembang pesat. Perusahaan H & M ini sudah memiliki karyawan sebanyak lebih dari 76 ribu karyawan di 2200 toko yang tersebar di 37 negara di dunia dan penghasilan dari perusahaan ini bisa mencapai 16 milliar dollar. Perusahaan yang awalnya dibangun oleh Erling Persson itu memang awalnya hanyalah sebuah toko yang bergerak di bidang fashion. Namun setelah membeli Perusahaan Mauritz pada tahun 1974, perusahaan tersebut menjadi lebih berkembang. Apalagi pada saat Stefan turun tangan untuk mengurusi perusahaan itu. Dalam kurun waktu yang relatif singkat perusahaan tersebut sudah menjadi perusahaan ritel pakaian terbesar di Eropa.

Selain sebagai pemilik dan pimpinan dari perusahaan H & M, Stefan Persson juga merupakan pendiri dari sebuah Yayasan Mentor yang bergerak dalam melawan penyalahgunaan dari obat psikotropika yang lebih popular dengan istilah narkoba. Selain itu, Stefan juga memiliki saham yang tergolong cukup besar pada perusahaan teknologi yang berada di Swedia, dan juga perusahaan properti yang berada di tiga Negara yaitu Inggris, Perancis, dan Swedia sendiri.

Harta dan Kekayaan

Usaha Stefan Persson dalam mengembangkan usaha ayahnya memang membuahkan hasil yang cukup memuaskan. Berkat memajukan perusahaannya tersebut, majalah Forbes menobatkan Stefan Persson sebagai orang terkaya di dunia urutan ke 8 pada tahun 2012. Harta kekayaannya ditaksir hingga mencapai 26 Miliar dollar. Dengan kekayaannya Stefan juga membeli seluruh desa di Hampshire yang memiliki luas sekitar 2.000 hektar dan juga membeli perkebunan di Wiltshire yang mempunyai luas mencapai 8.500 hektar.

Demikian biografi singkat Stefan Persson yang pemilik perusahaan ritel terbesar di Eropa Hennes & Mauritz yang lebih dikenal dengan H & M.