Profil Susilo Wonowidjojo - Taipan dari Gudang Garam


Susilo Wonowidjojo adalah seorang pengusaha yang sangat terkenal di Indonesia dengan berbagai macam prestasinya. Beliau lahir dengan nama Cai Daoping yang bertempat lahir di Kediri, Jawa Timur. Susilo Wonowidjojo yang berusia lima puluh enam tahun ini, dikaruniai dengan empat orang anak. Tentunya dengan berbagai prestasi yang didapatkan, beliau dipercayakan untuk memegang salah satu perusahaan sukses peninggalan ayahnya, yaitu Surya Wonowidjojo. Berikut adalah profil lebih lanjut dari Susilo Wonowidjojo yang bisa menginspirasi.

Keluarga

Susilo Wonowidjojo ini adalah anak ketiga dari Surya Wonowidjojo, seorang pendiri salah satu perusahaan besar di Indonesia, yaitu Gudang Garam yang sudah didirikan sejak 1958. Setelah ayahnya meninggal, Susilo Wonowidjojo menggantikan dan menjabat sebagai presiden direktur untuk saat ini. Beliau juga dikaruniai oleh empat orang anak yang salah satunya juga berperan dalam usaha keluarga Gudang Garam ini. Tentunya dengan dukungan keluarga Susilo Wonowidjojo bisa memimpin perusahaan Gudang Garam yang menjadi salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia dengan baik sehingga menjadikannya lebih sukses daripada sekarang.

Kekayaan

Kekayaan yang dimiliki tentunya tidak main-main lagi. Dengan jabatannya sebagai presiden direktur, tentunya Susilo Wonowidjojo disebut-sebut sebagai salah satu pengusaha paling kaya di dunia. Peringkatnya sendiri di Indonesia pun termasuk lima besar dari empat puluh orang terkaya di Indonesia. Dan beliau menempati peringkat ketiga. Tentunya dengan Gudang Garamnya inilah Susilo Wonowidjojo mendapatkan kekayaannya dengan terus berusaha dan tidak menyerah untuk memajukan usaha yang sudah dirintis sejak puluhan tahun yang lalu tersebut. Jika dihitung-hitung, kekayaan seorang Susilo Wonowidjojo adalah USD 7,4 miliar atau setara dengan Rp.70,3 triliun (kurs 9.500) pada akhir tahun 2012 dengan bisnis rokoknya tersebut. Gudang Garam memiliki bermacam-macam produk yang sekarang sudah tersebar tidak hanya di Indonesia saja namun juga hampir ke seluruh dunia. Itulah kenapa, Susilo Wonowidjojo mendapatkan predikat orang terkaya kedua karena perusahaan yang pernah dijalankan juga oleh kakaknya, yaitu Rachman Halim sebelum beliau meninggal dunia pada tahun 2008. Dengan segala kesuksesan yang di dapat tentunya tidak heran lagi jika suatu saat peringkatnya naik menjadi nomor satu karena kerja keras beliau.

Masuk daftar orang terkaya di Indonesia versi forbes

Susilo Wonowidjojo mulai masuk daftar orang terkaya versi forbes sejak tahun 2009. Susilo memegang tampuk kepemimpinan di Gudang Garam setelah kakaknya Rachman Halim meninggal pada tahun 2008. Gudang Garam merupakan perusahaan warisan dari ayahnya Surya Wonowidjojo. Berikut daftar Susilo di forbes.

  • 2013: peringkat #4 terkaya Indonesia, kekayaan 5,3 miliar dolar AS
  • 2012: peringkat #3 terkaya Indonesia, kekayaan 7,4 miliar dolar AS
  • 2011: peringkat #2 terkaya Indonesia, kekayaan 10,5 miliar dolar AS
  • 2010: peringkat #2 terkaya Indonesia, kekayaan 8,0 miliar dolar AS
  • 2009: peringkat #3 terkaya Indonesia, kekayaan 2,6 miliar dolar AS

Bisnis dan Perusahaan

Gudang Garam adalah sebuah perusahaan rokok yang sangat terkenal di Indonesia. Beberapa kalangan masyarakat sudah menjadi penggemar setia dari rokok ini sejak puluhan tahun yang lalu. Didirikan pada tahun 1958 tentunya tidak luput dari usaha dan kerja keras selama bertahun-tahun sebelum menjadi seperti sekarang. Perusahaan ini termasuk produsen rokok yang menempati peringkat ke lima menjadi yang tertua dan juga yang terbesar. Bertempat di Kediri, Jawa Timur perusahaan ini mempunyai komplek tembakau dengan luas 514 are. Pada awalnya, perusahaan ini didirikan saat Tjoa Ing Hwie mendapatkan tawaran kerja di salah satu pabrik rokok yang terkenal pada jaman itu sebelum pada tahun 1956 beliau memutuskan untuk meninggalkan perusahaan tersebut dan membangun perusahaan rokok lain dengan nama Rokok Tjap Gudang Garam. Dengan ini tentunya membuat Susilo Wonowidjojo otomatis meneruskan perusahaan yang sudah dirintis dari puluhan tahun yang lalu oleh ayahnya tersebut, dan menjadikan perusahaan ini tetap berdiri di tempatnya.

Riwayat Hidup

Susilo Wonowidjojo adalah anak ketiga dari Surya Wonowidjojo. Beliau lahir di Kediri, Jawa Timur dengan nama lahir Cai Daoping dan dikaruniai dengan empat orang anak. Saat ini beliau berusia 57 tahun dan menjadi Presiden Direktur PT Gudang Garam Tbk.

Demikian biografi singkat Susilo Wonowidjojo salah seorang yang masuk daftar 10 orang terkaya di Indonesia.

Kembali ke atas