Profil Warren Buffett - Guru Investor Dunia


Warren Buffett adalah termasuk orang terkaya di dunia versi Forbes. Beliau lahir di Ohama, Nebraska, Amerika Serikat pada 30 Agustus 1930. Beliau dikenal sangat baik dalam menciptakan nilai tambah suatu barang. Sejak kecil, Warren Buffett sudah menggeluti dunia entrepreneur. Pada saat beliau berumur 11 tahun, ia sudah menjadi loper koran dan mencari bola golf yang hilang di lapangan golf. Bola golf tersebut kemudian dia jual kepada pemain golf dengan harga yang relatif lebih murah. Semenjak kecil, ia sudah memiliki pemikiran yang brillian. Ia mempunyai taktik untuk mengubah nilai suatu barang menjadi lebih mahal daripada sebelumnya. Hal ini dibuktikan ketika ia berumur 14 tahun dan sudah bekerja sehingga ia memiliki uang mencapai 1200 dollar amerika dan ia gunakan untuk membeli tanah seluas 40 ha. Tanah tersebut kemudian ia sewakan kepada petani lokal dan ia berhasil mempunyai penghasilan dari penyewaan tanahnya tersebut.

Keluarga dan Pendidikan

Warren Edward Buffet lahir sebagai anak kedua dari tiga bersaudara. Beliau adalah anak dari Howard Buffet dan Leila (nee Stahl). Ayahnya merupakan politisi sekaligus pebisnis yang handal. Warren memulai sekolahnya di Rose Hill Elementary School pada tahun 1942 di Omaha. Setelah itu ia melanjutkan studinya di Alice Deal Junior High School. Setelah itu berlanjut di Woodrow Wilson High School dan berhasil lulus dari University of Pensylvenia dan University of Nebraska Lincoln Columbia University.

Ia menikah pada tahun 1952 dengan Susan Thompson dan hanya setahun berikutnya beliau mempunyai anak yang bernama Susan Alice Buffet. Warren Buffet mempunyai 3 orang anak yaitu Susan, Howard, dan Peter.

Bisnis dan Perusahaan

Berawal dari pengalamannya berbisnis investasi yang handal, Warren Buffet memberanikan diri untuk terjun di dunia bisnis.Ia berhasil menjadi Inverstor, Industrialis, CEO Berkshire Hathaway, dan juga merupakan seorang dermawan di Amerika.

Beliau memulai karirnya pada tahun 1954 di Buffet falk & Co dan pada saat itu beliau menjabat sebagai Sales Investasi. Lalu ia pindah ke Graham Newman Corp sebagai Security Analyst. Kemudian pindah lagi ke Buffet Partnership, Ltd sebagai General Partner. Pada tahun 1970 akhirnya beliau menjabat sebagai CEO di perusahaan Nerkshrei Hathaway Inc.

Berkat usaha kerasnya, pada tahun 1962 Buffet berhasil menjadi seorang jutawan. Ia menjadi seorang jutawan karena beliau berhasil menjalin kerjasama dengan banyak pihak dan berhasil memperoleh uang sebanyak 7.178.500 US dollar. Bisnisnya terus berkembang pesat dan pada akhirnya tahun 1990 beliau berhasil menjadi seorang milyarder. Pada tahun 2002 Buffet berhasil mendapatkan penghasilan sebanyak 11 Milyar dollar dan menjadikan beliau menjadi deretan orang terkaya di dunia.

Kekayaan

Buffet berhasil menjadi jutawan pada tahun 1962 dan berhasil menjadi milyarder pada tahun 1992. Ini adalah pencapaian yang sangat bagus. Bahkan pada tahun 1988, Buffet membeli saham Coca-Cola dan saham ini merupakan yang paling menguntungkan bagi dirinya. Ia masih mempertahankan saham tersebut dan berhasil mengantarkan dirinya menjadi seorang milyarder. Penghasilannya pada tahun 2002 berhasil menembus ke angka 11 Milyar dollar dan pada tahun 2008, ia berhasil menjadi orang terkaya di dunia dan menggeser posisi Bill Gates. Kekayaannya pada tahun 2008 mencapai 62 milyar dollar.

Namun pada tahun 2009 posisinya kembali tergeser oleh Bill Gates dan menuju ke posisi 2. Ini disebabkan karena Buffet mengalami kegagalan dalam investasi di perusahaan Conoco Phillips.

Inilah biografi singkat dari Warren Buffett sang pujangga investor.

Kembali ke atas