Sandiaga Uno - Tembus Daftar 40 Orang Terkaya Indonesia Dalam 12 Tahun


Sandiaga Uno adalah seorang pengusaha yang berhasil di usia muda dengan sejumlah jabatan strategis. Beliau lahir di Rumbai, Riau pada 28 Juni 1969. Yang paling mencengangkan adalah, ternyata menjadi seorang pengusaha bukanlah impian yang terlintas di benak Sandiaga S. Uno. Justru pada mulanya, keluarga Sandi, Razif Halik Uno atau biasa dikenal dengan Henk Uno dan Rachmini Rachman sebagai orang tua Sandi pernah berpikir bahwa Sandiaga Uno akan lebih baik hidupnya jika ia bisa bekerja di sebuah perusahaan besar seperti dirinya hingga pensiun.

Tapi, ternyata jalan hidup punya caranya sendiri mempertemukan Sandi dengan jalan kesuksesan. Karena harus menjadi salah satu korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) akibat krisis 1997-1998 yang menimpa bangsa ini. Keinginan kuat untuk tetap survive, akhirnya mendorong Sandi untuk terjun ke dunia bisnis. Dan dengan berbekal pendidikan dan pengalamannya sewaktu bekerja, Sandi bersama teman SMAnya Rosan P. Roeslani mendirikan Recapital Advisor pada tahun 1997. Singkat cerita, karena keinginan kuat Sandi untuk terus maju maka pada tahun 1998 bersama Edwin Soeryadjaya mendirikan Saratoga Capital.

Bisnis dan perusahaan

Perjuangan Sandi dalam mengembangkan perusahaannya tidaklah mudah. Namun berkat ide cerdas dan kemampuan bisnisnya yang terus tumbuh. Pintu-pintu kesuksesan mulai terbuka. Dan saat ini, berkat kemampuannya me-lobby dan jaringan koleganya yang hebat dalam memainkan Saratoga Capital pada pecaturannya di private equityfirm di Indonesia, Sandiaga Uno menjadi kolumnis tetap enterpreunership, infrastructure dan sumberdaya manusia Indonesia di Majalah Globe Asia.

Selain itu, di tahun 2008 Sandiaga Uno juga berhasil dinobatkan sebagai “Entrepreneur of The Year” dari Entreprise Asia sebagai pengusaha terbaik dan ia juga berhasil sebagai salah satu pemegang saham perusahaan batu bara terbesar di dunia, yakni PT Adaro Energy.

Pendidikan

Berlanjut pada perjalanan pendidikannya, Sandiaga Uno merupakan lulusan dari Wihita State University, di Amerika Serikat sebagai summa cumlaude saat ia mengawali kariernya menjadi karyawan Bank Summa di tahun 1990. Kemudian, di tahun 1991, karena ia memiliki kemampuan dalam banyak hal, itulah sebabnya ia berhasil mendapat beasiswa dan melanjutkan pendidikannya di George Washington University, di Amerika Serikat dan telah lulus dengan indeks prestasi kumulatif sebesar 4,00.

Setelah ia berhasil lulus, kariernya tidak berhenti sampai disitu saja. Bahkan ia telah berhasil bergabung dengan MP Holding Limited Group di tahun 1994 sebagai investment manager. Sementara di tahun selanjutnya, yaitu pada 1995, Sandiaga Uno telah hijrah ke NTI Resources Ltd di Kanada sebagai Executive Vice President dengan meraup keuntungan dengan nilai USD $8.000 tiap bulannya.

Hanya saja keadaan itu hanya berlangsung sebentar, dikarenakan adanya krisis moneter. Akhirnya di tahun 1997, bisnis dan perusahaan yang dipegangnya bangkrut dan semua hasil jerih payahnya pun turut kandas karena bursa saham global turun.

Kekayaan

Setelah pendirian Saratoga Capital tahun 1998, dua belas tahun kemudian perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan investasi terbesar di Indonesia. Dan mempekerjakan lebih dari 20.000 orang. Dengan Saratoga Capital inilah yang menjadi sumber kekayaan utama Sandiaga Uno kemudian mengantarkannya menjadi orang terkaya ke-29 di Indonesia pada tahun oleh versi majalah Forbes. Kekayaan mencapai US$400 juta, yang mana jika disetarakan dalam rupiah, uang tersebut bisa berkisar dengan Rp.3.760.000.000.000 (3,76 Triliun rupiah).

Kesuksesan Sandiaga Uno di private equity firm merupakan fenomena menarik dalam pertumbuhan bisnis di Indonesia. Hal itu bisa diraih dengan berbagai projek yang sukses ditanganinya. Sandiago Uno membuat project pertamanya dalam refinancing McDonald’s Indonesia di tahun 1997. Yang mana kemudian, ia melanjutkan proyek berikutnya dengan membeli Bank Tabungan Pensiunan Negata (BTPN), Grand Kemang Hotel, Losari Resort, dan pembelian infrastruktur penyediaan air bersih.

Demikian biografi singkat Sandiaga Uno, semoga bisa menjadi inspirasi untuk generasi muda Indonesia utnuk menjadi lebih maju.

Kembali ke atas